Info DAPEN TELKOMIslam

Memaknai Asmaul Husna dan Amaliyahnya-GeMA 99 Menggema di P2Tel Tangsel

GeMA 99 (Gerakan Menghafal Asmaul Husna) yang merupakan salah satu bagian dari proram Wisdom Living yang dikembangkan oleh ESQ dalam mewujudkan pensiun penuh makna dan manfaat di era New Normal bersinergi dengan Dapen Telkom dan  P2Tel.

GeMA 99 (Gerakan Menghafal Asmaul Husna) yang merupakan salah satu bagian dari proram Wisdom Living yang dikembangkan oleh ESQ dalam mewujudkan pensiun penuh makna dan manfaat di era New Normal bersinergi dengan Dapen Telkom dan  P2Tel.

Sebagai saksi sejarah sinergi ini telah digelar untuk kali pertama melalui video conference meeting pada Sabtu, 11 Juli 2020 dipandu oleh pembimbing utama (trainer) Yendra R. Pamungkas dari ESQ.

 

Dipaparkan sekilas oleh Ari Sudrajat bahwa GeMA 99 ini diadakan sebagai upaya  untuk memperkuat  kualitas spiritual dan mental  para purnabakti dan keluarganya dalam menghadapi pandemic Covid -19 ini,  mengingat pandemic ini masih  tinggi.  Disisi lain Ari menyoroti penanganan pendekatan dan dampak pandemic ini  lebih banyak  dari sudut kesehatan, ekonomi  dan sosial.

“Nah dengan GeMA 99 ini  merupakan bentuk upaya Dapen Telkom bersama P2Tel yang didampingi ESQ untuk memperkuat kesehatan spiritual  kita agar  mampu menghadapi pandemi ini yang merupakan ujian dari Allah SWT yang Maha Perkasa dan Maha Penolong”

Ibarat gayung bersambut dan istilah GeMA benar-benar bergema keseantero Republik Indonesia ini maka Alhamdulillah PC P2Tel Tangerang Selatan langsung responsive dalam rangkaian acara pertemuan bulanan periode Juli 2020 menyelenggarakan Binroh Islam dalam suasana kekeluargaan dan kebersamaan pada selasa, 14Juli 2020 pukul 10.00-11.30 WIB.

 

Meski masih dalam suasana PSBB namun tetap semangat menyelenggarakan pertemuan secara online. Acara ini dihadiri oleh para sesepuh P2Tel Tangsel, Badan Pengawas, KPC, para pengurus, komsat dan para anggota P2Tel Tangsel. Tak tanggung-tangung lagi Binroh agama Islam kali  ini mengambil tema “Memaknai Asmaulhusna dan amaliyahnya” bersama Ustadz M. Taslim dan Host pak Suradi.

 

Acara dibuka oleh Suradi selaku Host dengan bacaan basmallah bersama. Dalam kesempatan yang berharga ini pak Aye selaku KPC P2Tel Tangsel menyampaikan spirit message antara lain ucapan terimakasih kepada pemateri dan para peserta yang telah bergabung melalui media online.

 

Apresiasi ke Seksi Sosial & Binroh meskipun masa PSBB namun tetap semangat dan menjaga istiqomah menyelenggarakan pertemuan bulanan secara online yang agendanya antara lain  Binroh Islam. Posisi Zakatel saat ini sebanyak 21 orang dan hari ini bertambah 1 (satu) orang penerima Zakatel di STO Seruas sehingga dana Zakatel agar tetap bergulir dan bertambah jumlah anggotanya dan solusikan kendala pengembangannya.

 

Rakor PC P2Tel Tangsel direncanakan diselenggarakan secara online pada pekan-3 sehingga setiap pengurus diharapkan sudah siap.

 

Pada puncak acara bersama Ustadz M. Taslim dengan tema “Memaknai Asmaulhusna dan amaliyahnya”. Sekilas bio data pengisi Binroh Islam kali ini bahwa Ustadz M. Taslim yang lulusan pondok pesantren Gontor telah banyak menebarkan syiar dan dakwah di Tangerang Selatan dan sekitarnya dengan mengisi pengajian dan  kajian di beberapa masjid dan majlis taklim muslimah dan komunitas muslim lainnya.

 

Selain sebagai pendakwah juga sebagai pengajar di ESQ 165 antara lain metode cara  GeMA 99 Laporan Dari Tangerang Selatan cepat dan mudah menghafal dan memahami asmaul husna.

 

Selain itu merintis pengajian dari rumah kerumah dan membangun masjid Baitul Hikmah yang selesai pada tahun 2000 dan saat ini telah memiliki gedung Baitul Yatim yang di dalamnya ada pesantren tahfidz Quran tingkat tsanawiyah khusus ikhwan dan sekolah Bait Qur’any.

 

Adapun mutiara hikmah yang terkandung dalam tausyahnya antara lain rasa syukur atas nikmat iman yang Allah karuniakan, atas ilmu yang dirisalahkan oleh Rasulullah dan berkumpul dengan orang-orang sholeh yang istiqomah menyelenggarakan majlis ilmu dan silaturahim ini.

 

Saatnya kita menghafal, memahami dan mengamalkan asmaulhusna serta mengajarkannya kepada orang-orang terdekat kita. Menghafal asmaulhusna bisa dilakukan dalam bentuk pujian kepada Allah dan sebagai dzikir dalam keseharaian. Adapun beberapa fadilah menghafa AsmaulHusna :

 

1-Mudah mengenal Allah,

2-Sering mengingat Allah,

3-Ringan mendekat Allah, caranya ikutilah metode GeMAH (Gerakan Moral AsmaulHusna).

 

Diperkenalkan bagaimana cara menghafal angka yang panjang dengan mengidentifikasi peringatan hari besar nasional dan memberikannya warna yang berbeda. Dalam kesempatan pertemuan perdana ini diperkenalkan hafalan asmaulhusna dengan merode membaca gambar yaitu :

 

Yaa Rahman, Yaa Rahim, Yaa Malik, Yaa Qudus, Yaa Salam, Yaa Mukmin, Yaa Muhaimin, Yaa Azis, Yaa Jabar, Yaa Mutakabbir, Yaa Kholik, Yaa Barik, Yaa Mushowwir, Yaa Goffar, Yaa Qohhar, Yaa Wahhab, Yaa Rozzaq, Yaa Fattah, Yaa ‘Alim.

 

Usai Tanya jawab dilanjutkan dengan doa dengan penuh khusyu dan khidmat semoga Allah karuniakan kekuatan untuk dapat menghafal, memahami dan mengamalkan asmaulhusna dalam kehiduan sehari-hari. Aamiin

 

Akhirnya rangkaian acara ini ditutup dengan bacaan hamdallah dan doa kafaratul majlis bersama.Terima kasih atas keikutsertaan, bantuan dan kerja sama dalam acara ini semoga dapat menebarkan manfaat dan bernilai ibadah bagi kita.

 

Cuci tangan kita budayakan, pake masker di utamakan. Mari basmi virus dan kuman, agar kita tidak tertularkan. Telkom …. Jaya. P2Tel … Sejahtera.Dapen Telkom …. Luarbiasa.

(Oleh :Suradi-PC P2Tel Tangerang Selatan)-FR

 

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close