Iptek dan Lingk. Hidup

11 Cara Pencegahan Banjir(2/4)

(ilmugeografi.com)- 2-Membuat saluran air yang baik

Saluran air yang baik menunjang pencegahan banjir. Untuk itu perlu sistem irigasi hingga pembuangan akhir yang jelas. Saluran air jangan sampai berakhir pada sungai mati atau sungai tidak mengalir, karena dapat meluber. Saluran yang baik bermuara ke sungai besar dan terus bermuara di laut.

 

Saluran air yang baik lainnya berupa terowongan saluran air bawah tanah yang menjamin air hujan akan dibawa ke laut. Sayangnya, belum banyak negara yang menerapkan sistem ini karena selain berbiaya mahal juga butuh rancangan yang matang. Negara yang menerapkan sistem ini salah satunya Jepang.

 

3-Rajin membersihkan saluran air

Saluran air itu hal penting untuk mencegah terjadinya banjir. dan mampu mengalirkan air hingga ke laut sehingga ketika hujan lebat turun air yang ada dipermukaan tidak akan meluap tapi akan mengalirkan air ke laut. Hal ini tidak akan terjadi bila saluran air kotor dan tak akan mengalirkan air ke laut secara lancer.

 

Saluran kotor akan membendung air dan menjadikannya meluap ke daratan. Misalnya ada sampah yang menutupnya, maka air tidak akan melewati saluran air yang tertutup sampah. Dan permasalahan saluran air yang kotor ini kebanyakan jadi penyebab banjir di kota- kota besar di Indonesia.

 

4-Menanam pohon di sekitar rumah

Pencegahan lainnya dengan menanam pepohonan di lingkungan sekitar. Meski 1-2 pohon yang ditanam, jika banyak orang melakukannya maka pohon baru akan banyak sekali tumbuh. Pepohonan berperan besar mencegah banjir. Akar pohon menyerap dan menyimpan air serta mengunci di dalamnya. Ketika hujan lebat, air di permukaan terserap ke dalam tanah dan menyimpannya sehingga tak terjadi banjir.

 

Selain tidak menimbulkan banjir, akar pohon ini memberikan cadangan airnya ketika kemarau sehingga masyarakat bisa dapat air. Untuk jenis pohon yang terbaik menyerap air itu pohon berbatang besar. Jenis pohon seperti ini menyerap air dalam jumlah banyak dan mampu menyimpannya secara kuat.

 

5-Mendirikan bangunan atau konstruksi pencegah banjir

Pencegahan selanjutnya membangun bangunan atau konstruksi pencegah banjir. Selain cegah banjir, bangunan seperti ini difungsikan untuk hal lain. Salah satu bangunan ini bendungan. Bendungan berbentuk seperti kolam raksasa dan mampu menampung air sangat besar.

 

Selain mampu mencegah banjir, juga dapat digunakan pengairan/ irigasi, tempat memancing, budidaya binatang atau tumbuhan air, serta pembangkit listrik. Bendungan dengan tembok besar memang dirancang untuk mencegah air meluap ke daerah- daerah yang ada di sekitarnya.

(Bahan dari : https://ilmugeografi.com/bencana-alam/pencegahan-banjir)-FatchurR * Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close