Iptek dan Lingk. Hidup

11 Cara Pencegahan Banjir(4/4)

(ilmugeografi.com)- 9-Membuat sumur resapan

Sumur resapan, salah satu upaya mencegah banjir. Sumur resapan adalah sarana penampungan air hujan dan meresapkannya ke tanah. Sumur resapan membantu menyerap air hujan ke dalam tanah dan kembali lagi ke siklus air sehingga tidak menggenang di permukaan yang menyebabkan banjir.

 

Pembuatan sumur resapan ini dengan menggali tanah hingga tanah berpasir atau maksimal dua meter di bawah permukaan air tanah. Sumur resapan merupakan halah satu metode yang ampuh untuk mencegah terjadinya banjir.

 

10-Menggunakan paving stone untuk jalan

Upaya lain, pemasangan paving sebagai bahan pembuat jalan. Maksudnya tidak meng-aspal, namun paving. Karena paving terdiri atas kotak- kotak dan antara satu paving dan paving lainnya terdapat celah yang dapat dilewati air untuk dapat meresap ke dalam tanah.

 

Ketika air meresap ke tanah maka banjir dapat dicegah. Di negara AS, diuncurkan jalan menggunakan photocatalytic cement yakni cara paving terbaru. Jalan ini mengandung partikel nano yang terbuat dari titanium dioksida. Dengan partikel ini jalan itu mampu memakan asap dan juga menghapus gas nitrogen oksida dari udara. Selain itu lebih dari 60% sisa konstruksi dapat didaur ulang.

 

11-Pengadaan green open space

Pengadaan green open space atau kawasan terbuka hijau juga upaya pencegahan banjir. Hal ini mirip dengan pelestarian hutan dalam fungsinya. Pepohonan yang akan berperan utama. Peran dari green open space dengan hutan sangat berbeda.

 

Green open space lebih berada di sekitar masyarakat dalam menjalani aktivitasnya sehari- hari. Dengan adanya kawasan terbuka hijau maka banyak masyarakat akan lebih senang menghabiskan waktu mereka di bawah pohon tanpa harus menjelajah hutan.

 

Itu beberapa upaya mencegah banjir. Upaya itu dapat kita lakukan mulai dari diri sendiri. Selanjutnya  orang- orang di sekitar kita. Gerakan ini idealnya bisa juga dilakukan setidaknya oleh Pensiunan dan Karyawan aktif Telkom Grup sehingga  memotivasi masyarakat luas sesuai kemampuannya. Maka akan ada perubahan dalam mengamankan bumi.

(Bahan dari : https://ilmugeografi.com/bencana-alam/pencegahan-banjir)-FatchurR * Tamat……

Tulisan Lainnya :

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close