Kesehatan

Tips Belanja Di Mall Selama New Normal Jauh Jauh(2/2)

(merdeka.com)- 3-Gunakan Hand sanitizer setelah menyentuh benda yang ada di Mall

Selama pandemi berlangsung, banyak data yang menunjukkan jika virus Covid-19 bisa bertahan hidup di permukaan besi, plastik, dan benda lain dalam hitungan jam.

 

Saat tangan menyentuh benda-benda itu, virus bisa berpindah ke tangan dan masuk ke dalam tubuh lewat kebiasaan memegang wajah, menggaruk hidung, atau makan.

 

Saat belanja di mall, risiko bersentuhan dengan benda lain yang dipegang banyak orang juga besar. Oleh karena itu, pastikan gunakan selalu hand sanitizer setiap usai menyentuh benda-benda tersebut. Misalnya saja tombol lift, pegangan eskalator, pegangan pintu, atau mesin ATM. Lakukan kebiasaan ini juga sebelum memegang atau membuka masker dan menyentuh wajah.

 

4-Hindari mencoba  pakaian saat berbelanja

Selama pandemi berlangsung, banyak data yang menunjukkan jika virus Covid-19 bisa bertahan hidup di permukaan besi, plastik, dan benda lain dalam hitungan jam. Saat tangan menyentuh benda-benda tersebut, virus bisa berpindah ke tangan dan masuk ke dalam tubuh lewat kebiasaan memegang wajah, menggaruk hidung, atau makan.

 

Nah, saat belanja di mall, risiko bersentuhan dengan benda lain yang dipegang banyak orang juga besar. Oleh karena itu, pastikan gunakan selalu hand sanitizer setiap usai menyentuh benda-benda tersebut. Misalnya saja tombol lift, pegangan eskalator, pegangan pintu, atau mesin ATM. Lakukan kebiasaan ini juga sebelum memegang atau membuka masker dan menyentuh wajah.

 

5-Segera ganti pakaian dan mandi

Belanja ke mall memang bisa mengurangi stres selama diam berbulan-bulan di rumah saja. Tapi sebaiknya tetap ingat waktu dan jangan terlalu lama berada di mall. Di masa pandemi yang masih berlangsung seperti sekarang ini, tetap waspada adalah cara terbaik untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga.

 

Selain itu, begitu pulang ke rumah jangan lupa segera berganti pakaian dan mandi untuk membersihkan tubuh dari risiko virus menempel. Pastikan baju yang tadi digunakan segera direndam dalam air dan deterjen lalu cuci hingga bersih.

 

6-Bikin biasa dengan contactless payment

Selain memperhatikan jaga jarak dan kebersihan diri saat belanja di mall sampai pulang ke rumah lagi, hal yang nggak kalah penting lainnya adalah cara kamu melakukan transaksi pembayaran.

 

Sesuai imbauan WHO, masyarakat sebaiknya meminimalisir transaksi tunai untuk mencegah kontak fisik yang berpotensi menjadi media penyebaran virus. Jadi, transaksi cashless sangat disarankan di masa pandemi ini.

 

(eth; Wuri;  Bahan dari  ::  https://www.merdeka.com/gaya/tips-aman-belanja-di-mall-selama-new-normal-virus-jauh-jauh-deh.html?page=1)-FatchurR * Tamat……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close