Aku cinta Indonesia

Warna Warni Jembatan Gantung Padat Karya

(ekonomi.bisnis.com)- JAKRTA — Banyak cara yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyalurkan dana pada program padat karya tunai di tengan pandemi Covid-19.

 

Salah satu kegiatan yang dilakukan Kementerian PUPR, pemeliharaan rutin jembatan menggunakan skema swadaya masyarakat seperti pengecatan rangka jembatan, salah satunya jembatan gantung.

 

Selain menjadi akses penghubung antardesa, jembatan gantung juga dapat menggerakkan potensi ekonomi perdesaan sebagai objek wisata.

 

“Hadirnya jembatan ini mempermudah dan mempersingkat waktu perjalanan masyarakat perdesaan ke sekolah, pasar, tempat kerja, menyelesaikan urusan administrasi ke kantor kelurahan atau kecamatan dan akses silaturahmi antarwarga” ujar Menteri Basuki dikutip dari laman Instagram Kemen-PUPR

 

Kehadiran jembatan gantung sangat dibutuhkan masyarakat karena kondisi geografis Indonesia yang memiliki banyak gunung, lembah, dan sungai. Kondisi ini kerap menjadi pemisah antara tempat tinggal dan fasilitas publik seperti sekolah, pasar, dan kantor pemerintah.

 

Tahun ini, Kementerian PUPR akan membangun 38 jembatan gantung. Beberapa jembatan gantung di wilayah Magelang, Jawa Tengah yang telah selesai dilakukan pengecatan antara lain, Jembatan Gantung Kaligaleh, Jembatan Gantung Mangunsoka, dan Jembatan Gantung Soropadan.

 

Selain sangat bermanfaat, jembatan gantung yang sudah dicat menjadi lebih cantik. Ingat ya, fungsi jembatan sebagai sarana penyeberangan. Ingat, Jangan sekali-kali Anda berswafoto di badan jembatan! Sangat berbahaya!

 

(Reporter dan Editor Zufrizal;  Bahan dari : https://ekonomi.bisnis.com/read/20200801/45/1273788/warna-warni-jembatan-gantung-padat-karya-ini-gambar-gambarnya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close