Selingan

10 Negara Tertua Salah Satunya Negara Terkcil(1/3)

(internasional.kontan.co.id)- Berdasarkan Konvensi Montevidio (1933), suatu wilayah bisa disebut sebagai sebuah negara jika telah memiliki empat unsur utama. Ada 10 negara tertua di dunia dengan menggunakan parameter itu.

 

Keempat unsur itu : Memiliki penduduk yang menetap, punya wilayah tertentu, punyai pemerintahan, dan mendapatkan pengakuan dari negara lain. Aturan yang tercantum dalam Pasal 1 Konvensi Montevidio ini masih menjadi acuan bagi setiap pembentukan sebuah negara baru.

 

Walau begitu, ada banyak negara yang lahir sebelum aturan ini berlaku dan dianggap sebagai negara  sah, bahkan sejak ribuan tahun lalu. Pada umumnya negara-negara tersebut telah memiliki empat unsur tersebut. Melansir All the Rooms, berikut 10 negara tertua di dunia yang bertahan hingga hari ini:

 

1-Ethiophia

Banyak sejarawan yang beranggapan, Ethiopia adalah salah satu negara tertua di dunia. Secara umum disepakati, Ethiopia berkembang sebagai negara pada 980 SM. Negara ini juga jadi satu dari sedikit negara di Afrika yang tidak pernah jatuh ke tangan penjajah, kecuali saat ada di bawah kuasa diktator Italia, Benito Mussolini pada 1930-an.

 

(Prihastomo Wahyu Widodo;  Bahan dari : https://internasional.kontan.co.id/news/10-negara-tertua-di-dunia-salah-satunya-juga-merupakan-negara-terkecil)-FatchurR * Bersambung……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close