Selingan

10 Negara Tertua Salah Satunya Negara Terkcil(3/3)

(internasional.kontan.co.id)- 7-China

China memiliki peran penting dalam pembentukan peradaban di wilayah Asia Timur. Dinasti pertamanya, Dinasti Xia, disebut-sebut telah memerintah dari 2070 SM-1600 SM.

 

Meskipun sistem kekaisarannya saat ini sudah runtuh, sebagian besar wilayah China kuno masih tetap utuh sampai saat ini.

 

8-Prancis

Sejarawan memperkirakan, Prancis resmi berdiri pada abad ke-5 M, ketika Raja Clovis naik takhta. Sejak saat itu Prancis memperluas wilayahnya melalui jalur kolonialisme.

Selama ribuan tahun, Prancis memainkan peran penting dalam perkembangan sejarah dunia.

 

9-Iran

Sama seperti banyak negara lainnya dalam daftar ini, Iran juga melalui berbagai fase sebelum berdiri sebagai negara.  Catatan sejarah menunjukkan, negara kuno Iran telah ada sejak 550 SM di bawah Kekaisaran Achaemenid. Di era modern, Iran sempat dikenal sebagai Persia, sebelum akhirnya berubah menjadi Iran pada 1930-an.

 

10-India

Daratan India disebut telah dihuni peradaban manusia modern sekitar 1500 SM saat Peradaban Weda terbentuk. Peradaban ini disebut menjadi cikal bakal ajaran Hindu.

 

Selama ribuan tahun India melewati pemerintahan banyak dinasti. India modern resmi berdiri pada 1947 setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris.

 

(Prihastomo Wahyu Widodo;  Bahan dari : https://internasional.kontan.co.id/news/10-negara-tertua-di-dunia-salah-satunya-juga-merupakan-negara-terkecil)-FatchurR * Tamat……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close