Aku cinta Indonesia

Bali Bakal Punya Tol Baru Segera Dibangun

(cnbcindonesia.com)- JAKARTA;  Tol baru di Bali akan dibangun dalam waktu dekat. Proyek ini terkait pengembangan Bali Utara, yang akan terkoneksi dengan Bandara Bali Utara. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menjelaskan bahwa tol ini menghubungkan Gilimanuk menuju Mengwi.

 

“Kita mau kembangkan Bali Utara Airportnya, kini sudah ada, rencana 3 bulan lagi akan ditandatangani perjanjian pengelolaan proyek ini oleh PT Bariko Indoraya dan PT Cipta Sejahtera Nusautama,” kata Basuki di kantornya, Rabu (9/9/20).

 

Dia mengaku bahwa target-target yang ditetapkan pemerintah cukup radikal. Target itu dibebankan kepada kontraktor yang akan mengerjakan proyek ini.

 

“Sepanjang 95 km dengan biaya Rp 19,3 triliun. Beliau (PT Bariko Indoraya dan PT Cipta Sejahtera Nusautama) akan menyelesaikan dan ini lebih radikal lagi, Agustus 2022 harus bisa beroperasi. Jadi dari Gilimanuk sampai ke Mengwi,” urainya.

 

Basuki mengaku sudah menggelar rapat dengan sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Sebab, tol ini terkait dengan keberadaan bandara baru.

 

“Kemarin rapat dengan para BUMN dan Menhub karena adanya ini maka akan dibangun tol ini sepanjang 90 km anggarannya sekitar Rp 14 triliun. Mungkin ini akan dengan APBN. Jadi ini adalah untuk pengembangan Bali utara,” katanya.

 

Adapun detail tol ini, tahap pertama pembangunan akan dilakukan dari Pekutatan – Soka dengan panjang sekitar 23,6 km. Tahap kedua akan dikerjakan dari Soka ke Mengwi sepanjang 21,8 km, dan tahap ketiga baru dari Gilimanuk ke Pekutatan sepanjang 50,2 km.

 

Data yang dipaparkan Basuki menyebut bahwa rencana titik akhir jalan tol tersebut berada di Mengwi. Kendati begitu, dari Soka rencananya akan dibangun lagi ruas penyambung menuju Bandara Bali Utara bernama Kubutambahan. Panjang jalan tol ruas tersebut mencapai 60 km.

 

(hoi; hoi; Muhammad Choirul Anwar,  Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/news/20200909212840-4-185683/mengejutkan-bali-bakal-punya-tol-baru-segera-dibangun)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close