Wisata dan Kuliner

Lukisan Wayang Indonesia Di Pameran Lukisan Seniman Muda Rusia

(beritasatu.com)-Moskwa; Empat lukisan bertema wayang bersentuhan nuansa batik tampil memesona di antara sekitar 100 lukisan karya 20 seniman muda Rusia pada pameran lukisan bertema “Cat Minyak dan Akrilik” di Galeri Seni “Want and Paint” Moskwa, Rusia. Pameran ini dibuka 24/8/20 hingga 29/8/20.

 

Dalam siaran pers KBRI Moskwa yang diterima di Jakarta, Jumat (28/8/2020) disebutkan, keempat lukisan bertema wayang dan batik tersebut merupakan karya seorang Indonesianis muda di Rusia, Volodymyr Kyrychenko.

 

Tiap lukisan ukurannya  30×20 cm menampilkan keunikan melalui sapuan cat minyak di atas kanvas yang menampilkan sosok tokoh wayang Rama dan Sinta, Arjuna, dan Cepot, dengan sapuan warna warni bernuansa batik. Keempat lukisan itu diberi judul “Wayang Golek: He Loves Her”, “Arjuna”, “Whisper”, dan “Cepot”.

 

Berbekal pengalaman tinggal, sekolah S2, dan bekerja di Jakarta selama 2 tahun, ia yang kerap disapa teman Indonesianya dengan nama Vladimir Kiri, berupaya memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga Rusia melalui karya lukisnya.

 

Wakil Dubes RI di Moskwa, Azis Nurwahyudi, menyampaikan apresiasi atas 4 lukisan bertema wayang dan batik itu saat ke pameran lukisan ini pada Selasa (25/8/2020). “Empat lukisan bertema wayang dan batik itu menonjol, berkarakter, dan unik di antara semua yang dipamerkan,” ujar Azis Nurwahyudi.

 

Dia memberi semangat kepada Vladimir Kiri yang turut mendampinginya memberi penjelasan singkat atas keempat lukisan yang dipamerkan.

 

“Teruslah aktif berkarya dan berkreasi melalui lukisan bertema Indonesia, seperti wayang dan batik ini. Sebagai generasi muda dan juga Indonesianis di Rusia, karya lukis unik seperti ini jadi ciri khas dari Vladimir Kiri dan media efektif untuk makin memperkenalkan Indonesia di Rusia melalui karya seni,” katanya.

 

Tidak hanya Wakil Dubes saja yang terpukau karya Vladimir Kiri. Para pengunjung pameran lainnya juga menyatakan kekaguman. Para pengunjung pameran, baik saat pembukaan maupun selama pameran berlangsung, tidak hanya para seniman, tetapi juga penikmat seni.

 

Lukisan berjudul “Wayang Golek: He Loves Her” yang menampilkan Rama dan Sinta dalam balutan kostum batik aneka warna serasi, mendapat tempat khusus di hati pengunjung. Goresan lukisan wayang golek ini memberikan nuansa warna yang elegan dan serasi serta penggambaran motif batik yang indah.

 

Pengunjung pameran menyatakan kagum dan ketidakpercayaannya bahwa lukisan mampu memberikan cerita sejarah dan budaya dari suatu negara, Indonesia. Anastasia Zakharova, panitia pameran lukisan juga menyampaikan kekagumannya.

 

“Ketika saya gantung lukisan wayang ini, saya terpesona dan penasaran untuk mengetahui cerita di balik sosok lukisan yang saya lihat,” katanya. Vladimir Kiri berharap karya lukisannya itu bermakna dan kesan tersendiri ke khalayak di Rusia dan turut lebih memperkenalkan budaya Indonesia. Saat pembukaan, Vladimir Kiri membawa sebuah wayang golek dengan karakter Cepot.

 

Hal itu mencuri perhatian pengunjung. Mereka mendekati lukisan wayang yang menampilkan tokoh Cepot dan bertanya tentang wayang dan Indonesia dengan penuh keingintahuan. Banyak pengunjung yang ingin menyentuh wayang golek Cepot dan mencoba untuk memainkannya.

 

Kecintaan Vladimir Kiri pada wayang dimulai saat dia lihat wayang kulit untuk pertama kalinya di Museum Wayang di kawasan Kota Tua, Jakarta. Saat itu, dia tidak mengetahui tentang wayang, sejarah dan cerita di balik sosok wayang.

 

Ketidaktahuannya membawanya ke observasi lebih dalam pada sosok wayang via bahan bacaan serta komunikasi dengan orang-orang di Indonesia. Pengetahuan dia pada wayang tumbuh makin dalam seiring tumbuhnya minat untuk juga mempelajari motif batik.

 

“Wayang berkarakteristik serta mencerminkan sejarah dan budaya yang kental dan beraneka ragam. Wayang itu representasi yang pas mengenalkan Indonesia pada orang asing,” ujar Vladimir Kiri. Dia menyatakan berencana berkunjung ke Yogya untuk mempelajari wayang lebih lanjut, serta Pacitan untuk mempelajari teknik pelukisan Wayang Beber.

 

“Bila saya makin mendalami pengetahuan tentang wayang, saya akan lebih kreatif berberkreasi dan semakin mempromosikan Indonesia melalui berbagai lukisan bertema wayang karya saya,” ungkap Vladimir Kiri atas harapannya di masa mendatang.

 

(Asni Ovier; AO; Bahan dari : BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/asnie-ovier/hiburan/670281/pesona-lukisan-wayang-indonesia-pada-pameran-lukisan-seniman-muda-rusia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close