Islam

Mengenal Masjid Agung Hangzhou Di China

(travel.detik.com)-HANGZOU; Di Kota Hangzou, Provinsi Zhejiang ada 2 masjid besar. Pertama Masjid Phoenix dan Masjid Agung baru yang dibangun Tahun 2012

 

Masjid Phoenix dibangun pada Dinasti Tang (618-626 M), satu dari 4 masjid besar di China. Dikarenakan meningkatnya populasi muslim di Hangzhou maka dibangun Masjid Agung Baru Hangzhou. Masjid Agung baru ini selesai dibangun Tahun 2016 dan resmi difungsikan Tahun 2017.

 

Bangunan Masjid megah ini terdiri dari 5 Lantai. Di lantai 1 ada tempat wudhu dan toilet pria dan wanita juga ada mini market di sisi kanan masjid yang menjual kebutuhan ibadah serta makanan halal. Di lantai 2 ada ruangan sholat khusus wanita, ruang pertemuan dan ruang pameran.

 

Di lantai 3 ada ruangan sholat khusus pria, KUA dan area kantor perhimpunan islam. Di lantai 4 terdapat aula multi fungsi dan ruang pertemuan serta di lantai 5 ada aula pameran budaya islam serta pavilion. Kita dapat melihat area sekeliling masjid dari lantai 5.

 

Masuk ke halaman masjid kita melawati gate metal detector di depan pos security. Karena bukan Jumat, maka suasana masjid tidak ramai. Hanya ada pengunjung untuk melaksanakan sholat.

 

Masuk ke masjid di lantai-1 akan ditemukan ruangan wudhu dan toilet luas dan bersih. Selesai wudhu kami ke ruangan sholat utama di lantai 3 pakai lift. Semua akses ke tiap lantai disediakan lift dan tangga biasa. Kami menjumpai ruangan sholat utama yang luas dilengkapi sajadah karpet lembut, menambah nikmatnya sholat.

 

Selesai sholat kami sempatkan naik ke lantai 5 melihat sekeliling masjid dari paviliun. Nampak jelas kubah kecil dan besar warna keemasan dan 2 menara masjid yang tinggi menjulang. Sekitar 2 jam waktu kami habiskan sholat di Masjid Agung Hangzhou ini. Kami sempatkan ke mini market yang menjual perlengkapan ibadah dan makanan halal di sisi kanan masjid.

 

Kami temukan makanan asal  Indonesia seperti mie instant & wafer yang dipajang pada rak toko. Patut berbangga karena produk dari dalam negeri kita bisa dijumpai di China.

 

Chardian Arguta;   Bahan  dari :  https://travel.detik.com/international-destination/d-5140599/mengenal-masjid-agung-hangzhou-di-china)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close