Iptek dan Lingk. Hidup

Motor Mogok Coba Periksa Tiga Komponen Ini

(m.liputan6.com)-JAKARTA; Mtor  (sepeda motor), banyak digunakan teman teman PMP Telkom. Bisa sebagai alat transportasi utama, untuk berbisnis atau untuk memenuhi hobi. Jika Anda mengalami mogok, berikut saya kutipkan artikel berikut ini :

 

Meski memiliki beragam keunggulan, motor injeksi juga memiliki beberapa kelemahan dibandingkan sistem pengabutan karburator. Itu bisa diketahui saat kendaraan secara tiba-tiba mogok di jalan.

 

Pada motor berkarburator, pemilik dengan mudah memperbaiki beberapa komponen saat kendaraan tiba-tiba mogok. Cukup dengan memeriksa busi ataupun mengecek karburatornya.

 

Hal itu tentu agak berbeda dengan teknologi injeksi. Pemilik biasanya harus membawa kendaraan ke bengkel untuk melakukan perbaikan.

 

Namun, dalam keadaan darurat dan berada jauh dari bengkel motor, ada beberapa komponen yang bisa dicek pengendara, berikut ulasannya seperti dilansir Federal Oil, Senin (24/8/2020).

 

1-Periksa busi

Busi, salah satu komponen penting pada motor. Karena itu, pemilik kendaraan harus rutin melakukan perawatan busi dan servis. Apabila tiba-tiba mogok, kamu bisa cek busi motor. Kalau memang busi yang bermasalah atau sudah tak layak dipakai kembali, sebaiknya segara mengganti dengan busi baru.

 

2-Injektor kotor

Kemungkinan selanjutnya ialah komponen injektor yang tersumbat. Hal ini biasa disebabkan oleh kotoran yang terangkut oleh bensin.

 

Meskipun motor memiliki saringan atau filter, ada berbagai macam kotoran berbentuk partikel kecil yang akan lolos dari filter tersebut. Salah satunya debu.

 

3-Sekring putus

Sekring hangus juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab motor injeksi mogok. Solusinya ialah mengganti dengan sekring cadangan atau komponen baru.  Kerusakan pada sekring biasanya terjadi karena besarnya arus, sehingga terjadi korsleting listrik yang membuatnya secara otomatis terputus.

 

(Dian Tami Kosasih;  Bahan dari : https://m.liputan6.com/otomotif/read/4337969/motor-tiba-tiba-mogok-coba-periksa-tiga-komponen-ini?HouseAds&campaign=TipsOtomotif_Otomotif_MSTM)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close