Aku cinta Indonesia

Teknologi Digital Ini Bersahabat Dengan Difabel

(beritasatu.com)-JAKARTA; Kaum difabel punya hak dan perlakuan sama, termasuk peluang mengakses dan jadi ahli di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Bahkan kini pemerintah terus mendorong agar kemajuan teknologi digital dapat bersahabat dengan kaum difabel.

 

Staf Khusus (Stafsus) Presiden Joko Widodo, Angkie Yudistia, mengungkapkan pandangan tersebut dengan bangga. Ia merasa pada akhirnya Indonesia memiliki platform digital bagi difabel dalam mencari informasi dan berkomunikasi.

 

Platform digital yang dimaksud Angkie bernama TISA yang berkolaborasi antara Thisable Enterprise, Kata.ai, dan PT Metrodata Electronics Tbk. Nantinya sahabat difabel bisa mengakses dalam aplikasi pesan singkat WhatsApp atau chatbot.

 

“Semua bisa mengakses info, komunikasi melalui teknologi yang ada. Ini memudahkan agar kita tidak perlu bingung cari info tentang disabilitas. Teman-teman difabel dan keluarga tidak perlu bingung ke mana mencari contact center mereka,” ucap Angkie dalam rilis yang diterima Suara Pembaruan (28/8/20)

 

Terciptanya platform digital untuk difabel, menurut Angkie juga bukti bahwa tingkat kreativitas dan inisiatif di tengah krisis ekonomi dan kesehatan pandemi Covid-19.

 

“Saya bangga sekali untuk setiap inisiatif-inisiatif yang dibuat sebagai langkah untuk membantu krisis. Krisis bukan berarti kita menyerah. Justru karena krisis, kreativitas, inisiatif teman-teman ada dan membuat kita bisa produktif,” kata Angkie.

 

TISA merupakan chatbot pertama yang memberikan akses informasi kepada para penyandang disabilitas di Indonesia. Platform ini akan membantu serta menjawab kebutuhan informasi dari sahabat difabel.

 

Selain platform informasi digital, belum lama ini Yayasan ThisAble milik Angkie juga bekerja sama dengan Kedutaan Besar Inggris, melalui UK Indonesia Tech Hub menyelenggarakan program pelatihan digital bagi difabel.

 

Pelatihan berguna mengembangkan kemampuan kewirausahaan penyandang disabilitas untuk beradaptasi selama dan setelah pandemi Covid-19.

 

(Dina Fitri Anisa; EAS; Bahan dari : BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/elvira-anna-siahaan/digital/670539/teknologi-digital-ini-ternyata-bersahabat-dengan-kaum-difabel)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close