Aku cinta Indonesia

Wali Kota Semarang Bakal Wujudkan Transportasi Kereta Dalam Kota

(daerah.sindonews.com)-SEMARANG; Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi berupaya mewujudkan transportasi umum dalam kota berbasis kereta di Semarang. Guna merealisasikan program itu, Walkot yang akrab disapa Hendi itu menggandeng PT KAI untuk melakukan percepatan pembangunan.

Hal itu ditandai dengan penandatanganan MoU antara Pemkot Semarang dengan PT KAI di Kantor Wali Kota Semarang, Jalan Pemuda, Jumat (11/10/2019). Tampak hadir Heru Kuswanto Corporate Deputy Director of New Business Development and Strategic Project PT KAI beserta jajarannya.

Wali Kota mengatakan, saat ini tengah dalam proses pemilihan jenis transportasi umum berbasis kereta yang paling mungkin untuk Semarang. Dia elah mengerucutkan pada dua pilihan, yaitu menghidupkan Semarang Trem atau menghadirkan ART (Autonomous Rail Transit).

 

“Insya Allah PT KAI akan membantu mewujudkan transportasi kereta di dalam Kota Semarang berupa Trem atau ART. Namun kita tergantung dari mana yang paling cepat dan paling efisien”, ujar orang nomor satu di Kota Semarang ini.

Dia menyebut, pemilihan moda transportasi Trem atau ART yang diputuskan berdasar pada pertimbangan agar juga dapat berdampak pada sektor pariwisata Kota Semarang.

“Kalau kita lihat sukses pariwisata kan ada tiga, aksesibilitas, akomodasi dan atraksi. Nah ini masuk aksesibilitas, orang ke mana-mana jadi lebih mudah, apalagi kemudian kalau ART atau Trem-nya didesain menjadi sebuah kereta dalam kota yang menarik” ujar Hendi.

“Kalau buat saya, sektor pariwisata sedang kita fokuskan, sehingga transportasi umum massal tersebut juga nanti mampu menarik turis datang ke Kota Semarang,” ujarnya.

 

Ada beberapa trase alternatif. Opsi trase itu mulai dari Tawang sampai Jalan Pemuda, ke arah Simpang Lima melewati MT Haryono kembali ke Tawang, atau bisa pula sebaliknya sampai Jalan Pemuda kembali ke Tawang lagi melewati Jalan Imam Bonjol, opsi lain trase dari bandara sampai Pedurungan. “Semuanya dalam proses untuk penyusunan DED, tinggal nanti dipilih yang mana” jelasnya.

Heru Kuswanto mengatakan dari sisi perkeretaapian, Kota Semarang ini istimewa karena lahirnya kereta pertama di Indonesia pada 17/06/1864 di Stasiun Kemijen. “PT KAI sebeumnya telah melaunching KA Joglosemarkerto, dengan trase antar kota Jogja-Solo-Semarang-Purwokerto, namun untuk kereta dalam kota memang belum terwujud” tandasnya.

 

(ahmad antoni; (alf; Bahan dari : SindoNews dan https://daerah.sindonews.com/read/1447848/174/wali-kota-semarang-siap-wujudkan-transportasi-kereta-dalam-kota-1570800565 )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close