Aku cinta Indonesia

KA rel Ganda Jakarta-Merak bakal tuntas 2019

Lebak-Pembangunan KA rel ganda alias double track Jakarta-Stasiun Merak bakal rampung (2019). Saat ini, pembangunan sampai ke Rangkasbitung di Lebak” kata Menhub Budi Karya Sumadi ke wartawan di Lebak, Banten (18/11/17).

Inisiasi pembangunan rel double track sampai ujung Merak,  untuk meningkatkan volume perjalanan KA. Selain itu, jalur lama rel KA di Banten akan diaktifkan. “KA dari Jakarta-Merak jadi kerangka utama, setelah itu lanjut menuju tempat yang dimungkinkan diakses, misal di Lebak” katanya.

Pengembangan KA atau transportasi berkelanjutan ideal untuk daerah Jakarta atau Jabar. Termasuk pengembangan transportasi di titik simpul seperti di kota terpadu di Maja Lebak yang berorientasi Transit Oriented Development (TOD).

“Jakarta dengan komplikasinya kita rancang angkutan massal hingga 2024-2025 kita tidak susah payah menjangkau tempat ini, termasuk Maja,” ucapnya. KA jadi salah satu transportasi yang paling dimanfaatkan masyarakat Maja dan sekitarnya menuju DKI.

“Kereta api itu satu keniscayaan dan ideal, karenanya titik simpul tol dan kereta sangat baik jika dilakukan TOD (Transit Oriented Development),” tambah dia. Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri mengatakan, pembangunan jalur ganda rampung April 2019, diharap meningkatkan kapasitas penumpang maupun barang.

Adanya pembangunan jalur ganda KA ini juga akan mempermudah akses masyarakat Kabupaten Lebak, Banten untuk menuju DKI. “Kami akui wilayah di sini tergantung KA dan akses utama masyarakat sini ke ibu kota adalah kereta api,” tutup Zulfikri. (bri/ang; Bahtiar Rifai; Hendra Kusuma)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3732775/rel-ganda-jakarta-merak-rampung-2019?utm_source=whatsapp&utm_campaign=detikcomsocmed&utm_medium=btn&utm_content=finance)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close