Opini dan sukses bisnis

36 Juta UMKM Sudah Memakai Qris

Anda PMP Telkom pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah? Sudahkah Anda memanfaatkan teknologi IT yang gencar didorong Pemerintah? Berikut sajian salah satu pemanfaatan teknologi tersebut dari sumber berikut

 

(beritasatu.com)-JAKARTA; Penggunaan QRIS (QR Code Indonesian Standard) kanal pembayaran digital makin meluas, utamanya dari segmen UMKM. Bank Indonesia (BI) mencatat 3,6 juta UMKM telah menggunakan QRIS, atau 94% dari total merchant pengguna QRIS.

 

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan, realisasi penggunaan QRIS ini sebagai hasil langkah BI bekerjasama dengan kementerian/lembaga terkait dan industri dalam mendukung implementasi akselerasi digital UMKM, khususnya di masa pandemi Covid-19 saat ini.

 

Guna mendukung transformasi digital UMKM, BI terus mendorong UMKM melalui program onboarding (masuk ke bisnis digital) UMKM yang didukung pengembangan ekosistem digital dan meningkatkan akses pembiayaan melalui Sistem Informasi Aplikasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI-APIK).

 

“BI terus mendorong UMKM binaan dan mitra untuk merambah pasar yang lebih luas dengan platform digital. Ini menjadi bagian dari pembinaan kami secara end-to-end, mulai dari produksi, kurasi, pemasaran, hingga permodalan,” kata Perry Warjiyo dalam pembukaan Karya Kreatif Indonesia (KKI) Tahun 2020 seri II secara virtual, Rabu (7/10/2020).

 

KKI rangkaian event tahunan yang menampilkan produk-produk premium UMKM Binaan BI, dengan bersinergi bersama Kementerian/Lembaga dalam pengembangan UMKM.

 

Berbeda dibanding penyelenggaraan sebelumnya, KKI 2020 diselenggarakan dengan konsep virtual dan dilakukan berseri, yaitu Seri I Sinergi untuk UMKM Ekspor (28-30 Agustus 2020), seri II Sinergi untuk UMKM Digital (7-9 Oktober 2020), dan seri III Sinergi UMKM untuk Sahabat Milenial pada November 2020.

(CAH; Herman; Bahan dari : BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/iman-rahman-cahyadi/ekonomi/684789/36-juta-umkm-sudah-gunakan-qris)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close