Psikologi

Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Berkembang(2/2)

(bertaniorganik.com; bertaniorganik.com)- 2-Tidak semua Aglonema bisa  dijemur

Meski teknik penjemuran terbukti meningkatkan peranakan aglonema, namun penjemuran tidak bisa sembarangan dan harus hati-hati. Karena tidak semua aglaonema bisa dijemur.

 

Pengalaman dari Edward Ekajoyo, kolektor di Cengkareng, hanya aglonema lokal (silangan rotundum dan commutatum tricolor, red) yang bertahan saat dijemur. Aglonema asal Thailand yang dominan turunan cochin dan cawang tidak bisa dijemur.

 

Daya tahan aglonema pada matahari dipengaruhi genetik dan struktur jaringan tanaman. Aglaonema silangan greg seperti tiara, adelia, dan sexy pink lebih tahan karena sang induk commutan triclor bandel dan tahan matahari. Kalau aglnema dari Thailand berdarah cochin akan lemas bila kena sinar matahari.

 

3-Merangsang Aglaonema dengan ZPT

Untuk memperbanyak anakan aglaonema, selain digunakan teknik penjemuran kita bisa gunakan cara lain yaitu ZPT (zat perangsang tumbuh). ZPT itu zat khusus diciptakan untuk merangsang pertumbuhan tanaman. Di pasaran ada bermacam produk zpt dengan merek beda-beda.

 

Maka gunakanlah ZPT berjenis sitokinin. Sitokinin berasal dari kata cytokinese hormon yang mampu merangsang pembelahan sel. Anda bisa memberikan ZPT ini untuk merangsang produksi anakan aglonema. Contoh produknya adalah Inducer 10SL, Kelpak 11/0,031SL, dll.

 

4Cara menggunakan ZPT

Cara pakai ZPT, semprot tanaman aglonema dengan larutan ZPT tiap 2-3 minggu. Penyemprotan pada bagian batang sampai perakaran tanaman. Setelah 3 hari dari penyemprotan lakukan pemupukan susulan. Selang tak beberapa lama, tanaman ini akan menumbuhkan anakan. Selamat mencoba.

 

(Bahan dari : http://www.bertaniorganik.com/2019/09/15/agar-aglaonema-cepat-beranak-ini-dia-caranya/)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close