Iptek dan Lingk. Hidup

Hoax KFC Memberi 1 Bucket Ayam Gratis Pada HUT Ke 68

Hoax terus berseliweran.  Semoga teman teman PMP Telkom tetap waspada untuk  tidak mudah percaya  pada berita yang khususnya kontroversi untuk tidak di teruskan. Berikut saya cuplikkan berita semacam  itu dari cuplikan dibawah ini

 

(turnbackhoax.id)- Pesan berantai di Whatsapp itu tidak berasal dari KFC dan Hoaks Lama Bersemi Kembali (HLBK). Adapun, tautan dalam pesan tersebut baiknya tidak dibuka.

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu;  Sumber: Whatsapp

 

Narasi:

“KFC is giving away 1 FREE Bucket of Kentucky Fried Chicken to EVERYONE on its 68th ANNIVERSARY. Hurry Up! Get your FREE Chicken Bucket at : http://bucket[dot]onlineoffer[dot]xyz”

 

Penjelasan:

Beredar melalui pesan berantai Whatsapp yang menyatakan bahwa KFC memberikan satu bucket ayam gratis sebagai bagian dari ulang tahunnya ke 68. Untuk mendapatkan bucket ayam itu, diminta untuk membuka tautan yang tertera dalam pesan tersebut.

 

Melalui hasil penelusuran, diketahui penawaran produk gratis dari KFC tersebut tidak berasal dari KFC. Sebab, bila melihat tautan yang diminta untuk dibuka terlihat tidak berasal dari pihak KFC, baik KFC Indonesia maupun KFC Internasional.

 

Lalu, ketika ditelusuri ke laman KFC Indonesia maupun KFC Internasional tidak ditemukan promosi seperti pada pesan berantai. Untuk KFC Indonesia laman resminya ialah https://kfcku.com/  dan untuk KFC Internasional laman resminya ialah http://global.kfc.ccom/.

 

Selain itu, sejumlah portal pemeriksa fakta sudah memeriksa pola pesan penipuan semacam ini. Pola penipuan seperti ini sering menimpa produk-produk yang cukup terkenal, seperti KFC. Adapun, portal KFC Malaysia juga menuliskan beberapa laman yang berisi konten penipuan mengatasnamakan KFC.

 

Beberapa di antara laman itu memiliki nama tautan dengan akhiran [dot]xyz. Bila mendapatkan pesan berantai menawarkan produk gratis dari suatu merek tertentu harus berhati-hati.

 

Berdasarkan hal tersebut, konten tawaran ayam gratis dari KFC itu tidak berasal dari KFC. Untuk itu, konten tersebut masuk kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

 

Referensi: http://web.facebook/groups/fafhh/perrmalink/1152239358441931/

(Muhammad  Khaini;  Bahan dari : https://turnbackhoax.id/2020/04/04/salah-kfc-memberikan-1-bucket-ayam-gratis-perayaan-ulang-tahun-ke-68/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close