Kesehatan

Serumah Dengan Pasien Covid-19 Dan Cara Cegah Tertular

(lifestyle.okezone.com)-Tak bisa dipungkiri banyak pasien Covid-19 tanpa gejala yang diisolasi mandiri di rumah. Tindakan ini sejatinya berisiko menularkan virus ke anggota keluarganya, terlebih jika pasien dan keluarga abai protokol kesehatan.

 

Namun, jika Anda merasa lebih aman melakukan penyembuhan Covid-19 di rumah karena khawatir dirawat di ruangan bersama pasien lain, maka ada hal hal yang harus diperhatikan, khususnya untuk anggota keluarga yang sehat.

 

Dijelaskan Pakar Penyakit Menular Oksana Pyzik, salah satu hal yang utama memastikan ventilasi di rumah berjalan dengan sangat baik. “Sebab, penyakit ini bisa dmenular di ruangan tertutup,” tegasnya, dikutip dari HuffPost.

 

Di sisi lain, Pyzik menegaskan sekalipun Anda tinggal satu atap dengan pasien Covid-19 dan melakukan kontak dekat, tidak menjamin Anda akan terinfeksi. Sebab, banyak kasus di masyarakat hanya satu orang saja yang positif, selebihnya tetap negatif Covid-19.

 

“Penelitian di New York menunjukkan  38% kontak keluarga dinyatakan positif. Ini sebanding dengan tingkat infeksi sekunder yang dilaporkan di China,” terang Pyzik. Namun protokol kesehatan tetap harus dijalankan sebagai bentuk ‘vaksin’ yang diakui pemerintah paling ampuh. Bagaimana pun ada risiko di sana.

 

Selain menjalankan protokol, Pyzik punya saran mengurangi risiko 38% penularan Covid-19 di rumah. Misalnya selalu membuka jendela dan pastikan selalu jaga jarak dengan pasien Covid-19.   “Menutup dudukan toilet sebelum menyiram juga dapat mengurangi aerosol yang mengandung virus yang mungkin ada di sirkulasi kamar mandi,” saran Pyzik.

 

Lebih lanjut, Profesor Sally Bloomfield dari London School of Hygiene and Tropical Medicine menyarankan agar Anda sering-sering cuci tangan dan membersihkan area di rumah yang sering disentuh bersama-sama.

 

“Pasien Covid-19 itu akan mengeluarkan droplet yang bisa saja menempel di permukaan benda dan biasanya pasien secara tidak sengaja menyentuh mulut atau hidumg mereka yang mana dikhawatirkan ada virus di tangan mereka dan disebarkan lewat permukaan benda,” tutur Prof Bloomfield.

 

Ia menambahkan, perlu dilakukan juga oleh anggota keluarga yang sehat dan tinggal serumah dengan pasien Covid-19 adalah memisahkan toilet, gunakan handuk yang berbeda, alat makan yang berbeda juga perlu dilakukan.

 

Pakar kesehatan lain sangat menyarankan agar pasien Covid-19 tetap menggunakan masker di dalam rumah. Ini dilakukan agar Anda melindungi orang lain yang tidak terinfeksi Covid-19.

 

(hel; Muhammad Sukardi;  Bahan dari  : https://lifestyle.okezone.com/read/2020/10/16/481/2294505/serumah-dengan-pasien-covid-19-begini-cara-cegah-tertular-virus)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close