Kesehatan

Cara Mengatasi Insomnia Bikin Cepat-Terlelap

(lifestyle.okezone.com)- Susah tidur (insomnia), masalah kesehatan yang tak boleh disepelekan. Dalam jangka panjang, insomnia dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan serius.

 

Dikutip dari situs Jovee, insomnia jika tidak segera diatasi bisa memicu gangguan kesehatan. Insomnia bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, diabetes, kejang, serangan asma dan penyakit jantung. Karena itu, jika mulai mengalami insomnia, sebaiknya Anda melakukan tindakan pencegahan. Tindakan pencegahan ini bisa Anda lakukan sebelum berkonsultasi ke dokter.

 

Berikut beberapa cara yang bisa membantu Anda dalam mengatasi insomnia yang dikutip dari Webmd :

1-Tidurlah pada waktu yang sama tiap malam, dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi. Usahakan untuk tidak tidur siang di siang hari, karena bisa membuat Anda kurang mengantuk di malam hari.

 

2-Jangan gunakan ponsel atau e-book sebelum tidur. Cahayanya bisa membuat Anda lebih sulit tidur.

3-Hindari kafein, nikotin, dan alkohol siang hari. Kafein dan nikotin itu stimulan dan  membuat Anda tidak tertidur. Alkohol  membuat Anda terbangun di tengah malam dan merusak kualitas tidur Anda.

 

4-Berolahraga secara teratur. Usahakan tidak berolahraga jelang waktu tidur, karena dapat membuat Anda sulit tidur. Para ahli menyarankan untuk berolahraga setidaknya 3 hingga 4 jam sebelum tidur.

5-Jangan makan makanan berat di sore hari. Camilan ringan sebelum tidur dapat membantu Anda tidur.

 

6-Buatlah kamar tidur Anda nyaman: gelap, tenang, dan tidak terlalu hangat atau terlalu dingin. Jika cahaya menjadi masalah, gunakan masker tidur. Untuk menutupi suara, coba gunakan headset.

7-Ikuti rutinitas untuk bersantai sebelum tidur. Baca buku, dengarkan musik, atau mandi.

8-Jangan menggunakan tempat tidur Anda untuk hal lain selain untuk tidur.

 

9-Jika Anda tidak bisa tidur dan tidak mengantuk, bangunlah dan lakukan sesuatu yang menenangkan, seperti membaca sampai Anda mengantuk.

10-Jika Anda merasa khawatir tentang berbagai hal, buatlah daftar hal yang harus dilakukan sebelum tidur. Ini dapat membantu Anda mengesampingkan kekhawatiran untuk pada malam hari.

 

(hel; Dara Siti Nabillah;  Bahan dari  : https://lifestyle.okezone.com/read/2020/10/09/481/2290915/10-cara-atasi-insomnia-bikin-cepat-terlelap?utm_source=dable)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close