Aku cinta Indonesia

10 Produk Makanan Halal Berpotensi Ekspor RI

(ekonomi.bisnis.com)- JAKARTA; Menkeu Sri Mulyani mengungkapkan total nilai potensi ekspor makanan halal Indonesia baru US$229 juta. Menurut mantan petinggi Bank Dunia itu, nilai ekspor ini seharusnya bisa ditingkatkan ke depannya.

 

“Kalau kita lihat Indonesia kini ada 10 besar produk makanan halal total potensi ekspornya US$229 juta,” ujarnya dalam seminar daring di Jakarta, (24/10/20). Produk-produk ini diekspor ke 29 negara mayoritas Muslim yang masih bisa ditingkatkan. 10 produk makanan halal ini paling besar adalah margarine yang  berhubungan dengan crude palm oil (CPO) dan turunannya.

 

“Tentu kita memiliki peluang besar untuk pangsa ekspor kita hingga 61% yang mestinya bisa dimanfaatkan oleh Indonesia untuk meningkatkan beberapa produk,” kata Menkeu.

 

Menkeu melihat dari 10 jenis makanan ini, margarine, wafer, biskuit, nanas olahan, kopi kemasan, ekstrak kopi, ekstrak malt, saus, makanan bayi, roti dan kue merupakan produk-produk yang memang dikonsumsi oleh berbagai negara terutama negara mayoritas berpenduduk Muslim.

 

Pemerintah memberikan insentif fiskal untuk mendorong investasi dan ekspor produk halal. Insentif-itu didelegasikan kepada BKPM, sehingga BKPM bisa langsung memberi berbagai insentif untuk investasi  bidang-bidang prioritas.

 

Dari sisi fasilitas pajak penghasilan berupa tax holiday, tax allowance, pengurangan pajak penghasilan impor dan super deduction untuk riset serta pelatihan vokasi. Insentif dari fasilitas bea dan cukai yakni pembebasan/pengembalian bea masuk pada perusahaan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE), bea masuk ditanggung pemerintah kepada industri tertentu, dan sebagainya.

 

Insentif dari fasilitas pajak pertambahan nilai (PPN) antara lain pengurangan PPN untuk barang modal, pelayanan kesehatan dan pendidikan, pelayanan sosial dan jasa ekspor.

 

Fasilitas-fasilitas khusus untuk mendukung produk halal seperti fasilitas di kawasan ekonomi khusus, fasilitas di kawasan bebas atau free trade zone, serta fasilitas di kawasan industri.

 

(Editor : Hadijah Alaydrus;  Bahan dari : ANTARA dan https://ekonomi.bisnis.com/read/20201024/9/1309419/dari-10-produk-saja-potensi-ekspor-makanan-halal-ri-bisa-capai-ratusan-juta-dolar)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close