Psikologi

Dari Driver Gojek Pria Ini Sukses Kembangkan 3 Bisnis Kuliner

(entrepreneur.bisnis.com)-JAKARTA; Dua tahun menjalani hari-hari sebagai driver ojek online, Dodi Sandra memutuskan mengembangkan bisnis kuliner usai mendapat pelatihan kewirausahaan dari perusahaan tempatnya bekerja, PT Gojek Indonesia.

 

Saat ikut pelatihan itu, dirinya dapat banyak ilmu cara memulai usaha GoFood sampai dibuatkan akun GoFood. “Pas pulangnya, saya dikasi modal awal gratis. Dari situ tanpa pikir panjang saya langsung tancap gas dari driver goride mau buka usaha di bidang kuliner,” ujarya dalam diskusi media GoFood, Selasa (10/11/2020).

 

Mulanya, Dodi yang beristri asal Palembang memutuskan memulai usaha Pempek karena dia lihat peluang bisnis camilan masih terbuka luas. Dia dan istrinya mencoba membuat sendiri olahan Pempek untuk dibagikan kepada tetangga dan saudara.

 

Dari situ Dodi dan istri dapat banyak masukan mengenai cita rasa, kekenyalan pempek, kuah cuko dll. Setelah mantap, seminggu kemudian dia pasarkan produknya yang diberi nama Pempek Pistel Kiarin melalui GoFood karena usahanya benar-benar dijalankan dari rumah.

 

“Waktu itu modal kami kurang dari Rp5 juta untuk membuat bahan pokok Rp2 juta hingga Rp3 juta. Lalu untuk perlengkapan lain sebetulnya ada di rumah seperti kompor, penggorengan dll” tutur Dodi. Dalam memasarkan produknya, Dodi gencar. Dia praktekkan semua ilmu yang didapat dari pelatihan dan Komunitas Partner GoFood (KOMPAG).

 

Dia juga memanfaatkan segala fasilitas yang disediakan GoFood termasuk cara memasarkan produk, teknik fotografi agar tampian menu menarik, serta strategi marketing lainnya.

 

“Saya share link gofood saya ke media yang naik daun seperti TikTok, dan instagram. Juga ke fb, twitter, pokoknya gencari promosi untuk menarik konsumen. Tidak lupa membuat promo karena masyarakat suka dengan promo,” tuturnya. Saat pertama buka usaha dia fokus ke sisi marketing dan promosi supaya usahanya lebih dikenal. Dia tak mempermasalahkan meski keuntungan yang didapat sedikit.

 

“Yang penting histori riwayat order konsumen banyak sehingga bisa menaikan rating. Kalau ada promo gini konsumen terus repeat order dan resto kita bisa menjadi favorit pelanggan,” ujar Dodi yang meraih .

 

Tanpa perlu keluark biaya promosi tinggi, usahanya makin meraup keuntungan. Dia tak khawatir kalah bersaing dengan resto lain karena banyak program promosi dari GoFood yang rutin diikutinya

 

“Kalau kita ikut promosi, begitu pelanggan masuk ke banner promo GoFood, resto kita pasti mudah ditemukan pelanggan. Setiap mengikuti program promosi GoFood, pendapatan usaha saya bisa meningkat sampai 50% setiap harinya,” ceritanya.

 

Selain jeli melihat peluang, Dodi mengatakan kunci utama merintis usaha kuliner itu nama resto. Keunikan nama resto membuat orang penasaran, tapi yang terpenting kesesuaian nama dengan menu utama yang kita sediakan, seperti nama resto Pempek Pistel Kiarin yang menu utamanya pempek.

 

Terdengar sederhana, tapi Dodi mengatakan hal ini pengaruhnya besar bagi usaha kuliner karena kecenderungan pelanggan yang mencari pilihan menu berdasar jenisnya. Ilmu seperti ini, kata Dodi, hanya dia dapatkan di KOMPAG.

 

Saat ini, usaha yang dijalankan Dodi terus berkembang, tak hanya Pempek, ayah dari dua anak ini kini mengembangkan 3 outlet bisnis kuliner sekaligus dari dapur rumahannya, yaitu Pempek Pistel Kiarin, Ayam Black Sweet dan Cireng Isi Mercon.

 

Keberhasilan dalam mengembangkan bisnis rumahan tak membuatnya berpuas diri. Pengalaman sebagai mitra driver justru membuatnya tergerak untuk melakukan hal positif bagi sesama.

 

“Saya rasakan  perjuangan sesama mitra driver yang seharian di jalanan. Karenanya, saya sediakan kopi dan air mineral gratis bagi teman mitra yang menunggu pesanan pelanggan di rumah saya. Di masa pandemi, saya sediakan masker gratis biar teman-teman tetap sehat dan aman saat mengantarkan makanan dan penumpang,” ujar Dodi yang berhasil jadi Mitra Juara Gojek-Kategori GoFood ini.

 

“Senang sekaligus bangga bisa jadi bagian dari Gojek dan GoFood, berjuang bersama teman- teman dan membantu sesama. Saya harap dengan yang saya miliki, bisa semakin bermanfaat untuk keluarga dan sekitar,” tuturnya.

 

(Dewi Andriani; Editor : Mia Chitra Dinisari; Bahan dari : https://entrepreneur.bisnis.com/read/20201110/88/1315941/bermula-dari-driver-gojek-pria-ini-sukses-kembangkan-3-bisnis-kuliner)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close