Kesehatan

Ganti Kopi Dengan Minuman Sehat Untuk Tingkatkan Imunitas

(health.detik.com)-JAKARTA; KOPI jadi minuman favorit kaum muda hingga Lansia. Banyak orang yang memulai hari dengan minum kopi untuk menjaga pikiran tetap fokus. Tapi, ada manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh jika kita bebas dari kafein.

 

Kopi untuk menghilangkan rasa kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Hal ini membuat  pecinta kopi sulit untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi tiap hari. Jika kita menjalani hidup bebas kafein ada banyak manfaat kesehatan.  Dikutip dari Health Line, berikut manfaat bagi tubuh jika berhenti mengonsumsi kafein.

 

1-Mengurangi rasa cemas

Kafein memberi energi besar bagi tubuh, namun kafein dapat mempengaruhi kinerja hormon. Hal ini menyebabkan peningkatan kecemasan, kegugupan, jantung berdebar, dan serangan panik. Bagi  yang rentan pada stres dan kecemasan, kafein membuat gejala lebih buruk. Asupan kafein yang lebih tinggi dapat meningkatkan kemungkinan depresi pada remaja.

 

2-Tidur lebih baik

Kebiasaan minum kafein dapat mempengaruhi mutu tidur. Studi menunjukkan asupan kopi tiap hari dapat mengubah siklus tidur, menyebabkan tidur gelisah dan rasa kantuk di siang hari. Yang bebas kafein butuh waktu lebih sedikit untuk tertidur.

 

3-Penyerapan nutrisi lebih baik

Jika Anda bukan peminum kafein, tubuh mungkin menyerap nutrisi lebih baik dari yang meminumnya. Tanin dalam kafein menghambat penyerapan seperti kalsium, zat besi dan vit-B. Hal ini berlaku bagi yang memiliki asupan kafein tinggi, pola makan tidak seimbang, atau Lansia. Tidak mengonsumsi kafein sama sekali dapat membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi lebih optimal.

 

4-Gigi lebih sehat

Efek kopi dan teh menodai gigi. Hal ini karena tingginya kadar tanin yang menyebabkan penumpukan dan perubahan warna enamel gigi. Keasaman dalam minuman berkafein seperti kopi dan teh juga dapat menyebabkan kerusakan enamel gigi.

 

5-Menurunkan tekanan darah

Bebas kafein berdampak positif bagi tekanan darah. Kafein terbukti meningkatkan tekanan darah karena efek stimulasi pada sistem saraf. Asupan kafein yang tinggi seperti 3-5 cangkir per hari dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

 

6-Hormon yang seimbang bagi wanita

Wanita mungkin dapat manfaat utama dari bebas kafein. Minuman berkafein (kopi, teh, dan soda) dapat mengubah kadar estrogen. Mengubah kadar estrogen dapat meningkatkan risiko endometriosis, kanker payudara, dan kanker ovarium. Meski kafein tak terkait langsung kondisi ini, kadar estrogen tinggi dikaitkan dengan penyebabnya. Kafein juga terbukti memperburuk gejala menopause.

 

7-Pencernaan yang sehat

Asupan kafein dapat menimbulkan sejumlah masalah pencernaan yang tidak menyenangkan. Kopi menciptakan efek pencahar yang merangsang usus. Mengkonsumsi kopi dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan diare atau buang air besar.

 

(up; up; Farah Nabila;  Bahan dari  : https://health.detik.com/diet/d-5252928/7-efek-yang-dialami-tubuh-saat-berhenti-minum-kopi)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close