Selingan

Lubang Kecil Pada Biskuit Bukan Pemanis Tapi Berfungsi Penting

(sajiansedap.grid.id)- Biskuit kerap dijadikan camilan saat bersantai.  Bentuk dari Biskuit beragam. Salah satunya adalah bentuk kue kering berbentuk kotak/ bundar dan tengahnya terdapat Lubang Lubang kecil.

 

Seperti itu bentuk khasnya, dan di dunia ini hampir semua biskuit berlubang-lubang kecil itu.  Namun tahukah Anda lubang-lubang kecil pada biskuit itu bukan sekedar hiasan? Kebanyakan orang pasti tidak mengetahui fungsi lobang dari biskuit tersebut. Yuk kita simak bersama ulasannya.

 

Fungsi Lubang pada biskuit

Ternyata lubang-lubang kecil ini punya fungsi dan peran penting. Tanpa lubang-lubang tersebut mungkin biskut tidak akan pernah ada.  Melansir dari Curiosity, ternyata fungsi dari lubang-lubang kecil ini adalah menahan biskuit untuk mengembung ketika menjadi adonan.

 

Juga efisiensi pada bentuknya supaya lebih mudah masuk ke dalam kemasan plastik. Jika Anda pernah membuat adonan roti, mungkin Anda paham dengan proses pembuatannya. Saat membuat adonan roti atau pizza perosesnya meliputi mencampur air, tepung terigu, ragi, dan enzim khusus bersama-sama.

 

Biarkan adonan yang baru dicampur itu bertahan 16 jam. Saat itu, enzim memecah pati dalam tepung jadi gula sederhana, lalu ragi menelan gula-gula itu dan mengeluarkan gas CO2. Setelah itu, gelembung gas yang membuatnya naik dalam proses (respirasi), dan saat menambah baking soda, garam, minyak, dan bumbu.

 

Biarkan adonan naik sedikit lebih sebelum siap digulung jadi lembaran, barulah adonan ini dilubangi. Ketika proses pemanggangan lubang-lubang itu benar-benar berguna. Saat proses pemanggangan karbon dioksida dan air yang ada di adonan mengembang ketika segala sesuatunya mulai memanas.

 

Akan sulit untuk tetap datar dengan semua proses itu, sehingga lubang biskuit melepaskan sedikit uap untuk menjaganya dari terlalu banyak mengembang. Dengan jumlah lubang yang tepat, peningkatan itu tidak lepas kendali dan menghasilkan produk akhir yang rata dan renyah yang siap untuk dikonsumsi.

 

(Marcel Mariana;  Bahan dari : https://sajiansedap.grid.id/read/102418953/jarang-ada-yang-sadar-ternyata-lubang-kecil-pada-biskuit-bukan-sekedar-pemanis-tapi-punya-fungsi-penting-ini?page=all)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close