Kesehatan

Manfaat Jalan Kaki Yang Perlu Diketahui

(lifestyle.okezone.com)- Jalan kaki tiap hari banyak manfaat kesehatan termasuk menurunkan berat badan. Bagi yang tidak biasa pergi ke gym atau melakukan olahraga berat, jalan kaki adalah cara terbaik untuk tetap bugar dan sehat.

 

Menariknya, menurut sebuah penelitian baru yang dilansir Times of India, berjalan kaki setelah makan bisa memberikan manfaat kesehatan tambahan.

 

Tak perlu dikatakan jalan tiap hari sangat bagus untuk kesehatan fisik dan mental, namun jalan kaki setelah makan membantu penurunan berat badan dan pengelolaan diabetes. Orang yang tidak memiliki kondisi kesehatan baik bisa berjalan setiap hari untuk mencegah komplikasi kesehatan di masa depan.

 

Sejatinya menambah lebih banyak gerakan sehari-hari membantu meningkatkan pembakaran kalori dan sehingga terjadi penurunan berat badan. Berjalan teratur juga bermanfaat membantu mengelola kadar gula darah. Hasil studi pada 2016 menemukan berjalan 10 menit setelah setiap makan membantu menurunkan kadar gula darah pada diabetasi tipe 2.

 

Berjalan 10 menit setelah makan lebih menguntungkan daripada berjalan selama 30 menit selama waktu lain sepanjang hari. Bagaimana berjalan dapat mengontrol gula darah dan menurunkan berat badan? Bila Anda jalan atau melakukan latihan lain, tingkat detak jantung Anda meningkat dan otot Anda mulai lebih memilih karbohidrat atau gula sebagai sumber energi utama.

 

Bila Anda mengonsumsi karbohidrat, terjadi lonjakan gula darah karena ini tugas insulin membantu menarik gula itu dari darah dan mengirimkan ke semua sel tubuh. Bila berjalan setelah makan, otot-otot Anda butuh jumlah gula yang meningkat, yang membantu kita menyingkirkan gula ekstra di aliran darah. Mengelola tingkat gula darah dapat membantu penurunan berat badan.

 

Ada berbagai aturan dan rekomendasi tentang jumlah dan jenis latihan yang harus Anda lakukan setiap hari. American Heart Association merekomendasikan 150 menit latihan aerobat intensitas moderat seperti berjalan setiap minggu.

 

Berjalan dengan kecepatan sedang selama 21 menit setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Ini juga mempromosikan kesehatan tulang dan penurunan berat badan.

 

(DRM; Wilda Fijriah;  Bahan dari  : https://lifestyle.okezone.com/read/2020/10/15/481/2294231/manfaat-jalan-kaki-yang-perlu-anda-ketahui)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close