Kesehatan

Penyakit yang mengintai Penggila Mi Instan(1/2)

(food.detik.com)-JAKARTA; Salah satu alasan menyantap mi instan karena penyajiannya praktis. Tapi, produk olahan makanan ini ​kurang baik​ jika dikonsumsi tiap hari ata​u ​sering. Mi terbanyak dikonsumsi mahasiswa dan orang2 yang tak sempat membuat makanan.

 

Apalagi rasanya lezat dijamin semua orang tergoda. Mengonsumsi mi boleh saja, hanya frekuensinya harus dijaga. Karena penggunaan pengawet dan MSG pada mi akan berakibat kurang baik bagi tubuh.

1-Tekanan darah tinggi
Kandungan natrium yang tinggi dalam mi instan berkontribusi untuk sebabkan tekanan darah tinggi, masalah ginjal dan juga resistensi cairan. Risiko ini akan lebih tinggi jika mi instan sering dikonsumsi oleh mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi.

Menurut penelitian oleh ilmuwan dari Harvard School of Public Health di Boston (19/08/14), wanita yang mengonsumsi mie instan 2x seminggu atau lebih memiliki risiko lebih tinggi terhadap sindrom metabolik daripada mereka yang kurang atau tidak mengonsumsinya sama sekali.

2-Penurunan metabolisme
Jika metabolisme tubuh menurun, hal ini mengarah pada penambahan berat badan. Mi menyebabkan akumulasi racun di tubuh yang mempengaruhi metabolisme. Racun ini berasal dari rasa, warna dan juga pengawet yang ada dalam mi instan tersebut.

3-Mono Sodium Glutamat (MSG)
Disebut garam China, MSG sering ditambahkan ke mi atau sebagai bumbu masakan. Hasil penelitian2 bahwa MSG dapat menyebabkan kerusakan otak, tingkatkan risiko penyakit ginjal dan komplikasi penyakit lain di tubuh. Beberapa orang juga alergi MSG dan mengonsumsi banyak makanan yang tinggi MSG dapat sebabkan berbagai gejala seperti nyeri dada hingga sakit kepala.

4-Lilin (wax)
Tidak semua mi instan yang dijual aman dikonsumsi. Mi instan murah banyak menggunakan lapisan lilin agar mi tidak saling menempel. Untuk mengetahui hal ini, Anda dapat mengamatinya saat mi direndam dalam air panas dan Anda dapat melihat lilin akan mengambang di atas air.

Jika hal ini terjadi dan masuk ke tubuh, akan sebabkan gejala2 kesehatan : Sembelit hingga masalah lambung. (Lus/odi; Lusiana Mustinda; Bahan dari : https://food.detik.com/info-sehat/d-3076396/sering-konsumsi-mi-instan-dapat-memicu-gangguan-pencernaan-1)-FatchurR * Bersambung……….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close