Kesehatan

Alasan Merasa Mual Saat Lapar

(m.merdeka.com)- Ketika merasa lapar atau tidak makan dalam jangka waktu lama, ada sejumlah hal yang dirasakan tubuh. Hal yang umum terjadi, munculnya rasa lapar. Namun, kemungkinan Anda bakal mengalami mual ketika perut kosong.

 

Rasa mual ketika perut kosong ini hal normal dan bisa dijelaskan. Dilansir dari Livescience, fenomena ini diungkap oleh Christine Lee, gasentrologis dari Cleveland Clinics mudah dipahami. Perut memproduksi asam hidroklorik sebagai bagian dari proses panjang mencerna makanan. Dari asam ini makanan yang dicerna digunakan untuk energi dan material kemudian sisanya dihilangkan.

 

Ketika Anda tidak makan dalam periode tertentu, asam hidroklorok menumpuk dalam perut. “Ketika asam ini naik ke kerongkongan, ini menimbulkan asam lambung, mulas, dan mual,” jelas Lee. Penyebab lain muncul rasa mual ketika lapar dihubungkan sinyal jaringan tubuh untuk tahu kapan harus makan. Sinyal ini diatur endokrin, sistem kelejar yang menggunakan aliran darah untuk hubungan kimiawi.

 

Hormon yang dihasilkan sistem endokrin memberi tubuh mengenai kebutuhan untuk menjaga keseimbangan kimia. Dalam hal ini, terdapat sejumlah hormon yang dibutuhkan terutama ghrelin dan leptin.  “Ghrelin bisa jadi penyebab rasa lapar,” terang Lee.

 

Pada sisi lain, Leptin berdampak sebaliknya, melawan ghrelin dengan mengurangi nafsu makan. Ada banyak hormon lain bisa jadi penyebab lapar, namun hubungan ghrelin dan leptin itu kunci dari hal ini. “Ketika tubuh kondisi normal, hormon ini diatur dengan sendirinya,” terang Lee.””Sebaiknya dalam sehari Anda hanya memiliki sedikit penanda mengingatkan untuk makan,” sambungnya.

 

Tubuh jadi tak seimbang ketika lapar

Namun keseimbangan kimia ini bisa berantakan ketika Anda mengesampingkan tanda lapar dan tidak makan rutin. Tidak makan dalam waktu lama bisa membuat tubuh membujuk untuk makan dengan cara memproduksi lebih banyak ghrelin. “Ketika hormon ini naik, akan meningkatkan selera makan” jelas Lee.

 

Pada sebagian besar orang, sebagian besar waktu, hal ini terjadi namun tidak selalu. “Sejumlah orang memiliki sensitivitas lebih tinggi pada tingkat hormonal,” jelas Lee. Variasi sensitivitas dan faktor lain berujung pada sejumlah orang yang mengalami rasa mual ketika lapar. Gejala mual yang lebih parah terjadi bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan lebih penting.

 

“Jika sinyal yang muncul intens hingga Anda mual atau sakit, hal ini bisa jadi tanda tubuh untuk menunjukkan Anda perlu memeriksakan mengenai sindrom metabolisme, kondisi seperti gula darah tinggi, kolesterol tak normal, meningkatkan tekanan darah dan gula darah tinggi yang bisa berujung penyakit jantung,” tandas Lee.

 

(mdk/RWP; Reporter  : Rizky Wahyu Permana;  Bahan dari  : https://m.merdeka.com/sehat/ini-alasan-kenapa-kamu-merasa-mual-saat-lapar.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close