IslamKristiani dan Hindu

Kompleks Masjid-Gereja Pertama di Chechnya

(republika.co.id)- GROZNY; Kompleks masjid-gereja pertama diresmikan di Chechnya, Republik Rusia di Kaukasus Utara di Eropa Timur, dekat Laut Kaspia. Kompleks ini diresmikan oleh Kepala Garda Nasional (National Guard) Rusia dan Kepala Republik Chechnya Ramazan Kadyrov.

 

Dilansir di AhlulBayt News Agency, (28/12), kompleks ini mencakup gereja yang dinamai Pangeran Suci Daniil dari Moskow, sementara masjid dinamai sesuai nama pahlawan Uni Soviet Movlid Visaitov.

 

Dalam sambutannya, Direktur Rosgvardia, Viktor Zolotov, menyebut Rusia, tanah yang mendukung nilai-nilai tradisional dan lembaga keagamaan. Kepala Garda Nasional Rusia mengatakan, pembukaan kompleks peribadahan pertama itu menunjukkan interaksi dan kerja sama antara agama dan kepercayaan internasional menekankan interaksi tersebut tidak dapat dirusak.

 

“Pembukaan kompleks ini menunjukkan persatuan Islam-Kristen serta solidaritas bangsa Rusia dengan bangsa lain,” kata Kadyrov. Presiden Chechnya merujuk pada pentingnya sejarah membangun kompleks peribadahan pertama di negara itu sejalan dengan pemersatu Gereja Ortodoks dan masjid.

 

Ia mengatakan, Islam dan Kristen menyerukan semua orang untuk mencintai dan saling menghormati, dan tidak ada yang bisa menciptakan kebencian dalam hubungan mereka.

 

Kedua tempat ibadah itu berukuran sama, masing-masing dapat menampung hingga 200 orang sekaligus. Selain itu, ayat-ayat Alquran dan Alkitab tertulis di bagian tengah kompleks. Yayasan Publik Regional Akhmat-Khadzhi Kadyrov telah mendanai pembangunan kompleks Islam-Kristen yang unik ini.

 

(Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah  Bahan  dari : https://republika.co.id/berita/qm1tdo366/kompleks-masjidgereja-pertama-diresmikan-di-chechnya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close