Iptek dan Lingk. Hidup

Dipamerkan Kereta Api Terbang Berkecepatan 620 Km Jam

(beritasatu.com)-CHENGDU; Tiongkok memamerkan purwarupa kereta berkecepatan tinggi bisa “terbang”. Kereta jenis Maglev itu berkecepatan hingga 620 km/jam. Kereta itu berteknologi high-temperature superconducting (HTS) yang membuatnya seolah melayang di atas rel magnet.

 

Sebagai perbandingan, jika dibangun di Indonesia, maka kereta itu dapat menempuh jarak dari Jakarta ke Surabaya, Jatim kira-kira satu jam lebih, kurang lebih sama dengan waktu tempuh pesawat dan lebih cepat dari kereta Jakarta-Surabaya yang ada saat ini sekitar 11-12 jam.

 

Kantor berita Xinhua melaporkan, purwarupa kereta sepanjang 21 meter itu dipamerkan ke media di Chengdu, Provinsi Sichuan pada 13/1/2021. Para ilmuwan universitas juga merancang rel sepanjang 165 meter untuk mendemonstrasikan teknologi dan simulasi transit.

 

Profesor He Chuan dari Jiaotong University salah satu perancang mengatakan kereta itu diperkirakan bisa operasional dalam 3-10 tahun. “Sichuan kaya unsur tanah jarang (rare earth) yang bermanfaat dalam membangun rel magnet permanen, sehingga diharapkan mempercepat eksperimen ini,” kata dia.

 

Tiongkok memiliki jaringan perkeretaapian terbesar di dunia dengan panjang hingga 37.000 kilometer dan memiliki kereta komersial tercepat di dunia, Shanghai maglev.

 

Shanghai maglev mulai beroperasi pada tahun 2003 dengan kecepatan hingga 431 kilometer per jam. Kereta ini menghubungkan Shanghai Pudong Airport dan Longyang Road di Timur Shanghai.

 

(Faisal Maliki Baskara; FMB; Bahan dari :  CNN, Xinhua dan https://www.beritasatu.com/dunia/723231/tiongkok-pamer-kereta-api-terbang-berkecepatan-620-kmjam)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close