Iptek dan Lingk. Hidup

Empat Aplikasi Dan Situs Pantau Banjir

(cnnindonesia.com)- Jakarta, Hujan lebat yang turun di wilayah DKI dan sekitarnya sejak beberapa hari terakhir hingga Sabtu (20/2) pagi menyebabkan beberapa kawasan ibu kota terendam Banjir. Dan kini mulai surut.

 

Tak sedikit warga kesulitan memantau ketinggian air hingga terjebak banjir saat perjalanan. Beberapa situs dan aplikasi pun hadir memudahkan warga untuk memetakan titik-titik genangan dan menghindari banjir Berikut daftar 3 aplikasi dan satu situs yang dapat digunakan warga untuk memantau titik banjir.

 

Peta Bencana

Tak hanya DKI, salah satu situs pemantau banjir yakni PetaBencana.id bisa memetakan titik-titik banjir sesuai lokasi warga di kota lainnya di Indonesia. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com per Sabtu pagi, PetaBencana.id memaparkan sejumlah titik di Jaktim, Jaksel, hingga Jakbar mengalami banjir dengan tinggi muka air 10 Cm sampai lebih dari 1,5 meter.

 

Pantau Banjir

Warga juga dapat memantau banjir di ibu kota memakai aplikasi Pantau Banjir yang dirilis Pemprov DKI (12/2/2017). Dalam aplikasi ini tersaji informasi mengenai ketinggian air di pintu air dan pos pengamatan hingga operasional pompa air secara realtime.

 

Aplikasi ini juga menyajikan informasi terkait laporan dari pengguna. Laporan ini termasuk status penanganan, lengkap dengan foto dan alamat serta ketinggian air.

 

Peringatan dini banjir Jakarta

Selain itu, ada Sistem Peringatan Dini Banjir DKI yang dikelola Dinas SDA DKI. Aplikasi ini menampilkan informasi terkini mengenai status tinggi muka air sungai-sungai di Jakarta. Fitur aplikasi juga termasuk menampilkan grafik tinggi muka air selama 24 jam terakhir.

 

Aplikasi itu menampilkan info prakiraan cuaca wilayah Jabodetabek dari BMKG. Aplikasi juga memberi notifikasi terkait status siaga pintu air. Aplikasi ini tak hanya menampilkan grafik muka air, tapi juga menampilkan tampilan CCTV pintu air.

 

Google Maps

Jika sulit mengakses tiga situs di atas, warga bisa memantau banjir menggunakan aplikasi peta besutan Google ini. Selain jadi sistem navigasi penunjuk arah, Google Maps juga turut memberikan informasi terkait jalan-jalan yang ditutup akibat banjir Jakarta.

 

Apabila pengguna membuka aplikasi Google Maps, akan muncul info Jakarta floods. Fitur Google Maps itu memberi info daerah yang terendam. Google Maps juga bisa memberikan rute perjalanan alternatif bagi pengguna untuk menghindari jalan yang ditutup akibat banjir

 

(rds/evn;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210220080259-185-608672/4-aplikasi-dan-situs-bantu-warga-pantau-banjir)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close