Wisata dan Kuliner

Patung Buddha Tidur Punya Indonesia Empat Terbesar Ketiga Dunia

(travel.okezone.com)-THAILAND  dikenal dengan Patung Buddha tidur berukuran raksasa. Namun, Indonesia juga memiliki sejumlah Patung Buddha tidur ukuran besar yang tak kalah megahnya. Bahkan ada yang masuk dalam jejeran terbesar di dunia.

 

Patung Buddha tidur kini jadi objek wisata religi. Bukan saja dikagumi umat Buddha, tapi warga non Buddha juga bisa menyaksikannya. Jadi, Anda tak perlu jauh-jauh ke Thailand melihat patung Buddha tidur, karena Indonesia juga punya. Penasaran di mana saja lokasinya? Berikut ulasannya :

 

1-Vihara Dharma Giri Bali

Bali tempat yang didominasi umat Hindu. Meski demikian, Bali punya satu-satunya vihara di Tabanan bernama Vihara Dharma Giri. : Awalnya, vihara ini dibangun untuk tempat ibadah. Lantaran ada patung Buddha besar, kini tempat itu dibuka untuk wisata.

 

2-Vihara Buddha 8 Pho Sat Bogor

Patung Buddha tidur yang terdekat dari Jakarta ada di Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat di Desa Tonjong, Tajur Halang, Bogor. Patung ini panjangnya 18 meter dan tinggi 3,75 meter. Patung ini menggambarkan Buddha sedang menggunakan pakaian berwarna emas dengan lambang Swastika di dadanya.

 

3-Vihara Dhammadipa Arama Batu

Patung Buddha tidur selanjutnya berada di dalam Vihara Dhammadipa Arama, Batu, Malang. Lantaran Batu sudah menjadi kota pariwisata, patung Buddha tidur ini juga tak lepas dari para wisatawan.

 

3-Maha Vihara Mojopahit Mojokerto

Mojokerto dikenal dengan situs sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan. Selain arca, ada patung Buddha tidur di Maha Vihara Mojopahit di jalan Candi Brahu Gang I, Trowulan, Mojokerto.

 

Panjang patung Buddha ini 22 meter, lebar 6 meter dan tinggi mencapai 4,5 meter. Dengan ukuran yang cukup besar, patung ini menjadi patung Buddha tidur terbesar ketiga setelah Thailand dan Nepal.

 

5-Vihara Buddhagaya Watugong Semarang

Selain memiliki pagoda, di Vihara Buddhagaya Watugong wisatawan bisa menjumpai patung Buddha tidur. Posisinya menggambarkan sang Buddha Parinibbana tidur di bawah dua pohon sala. Di bagian depan patung ada tempat untuk berdoa.

 

(sal; Riyandy Aristyo; Bahan dari : https://travel.okezone.com/read/2021/01/19/408/2347271/5-patung-buddha-tidur-punya-indonesia-nomor-4-terbesar-ketiga-di-dunia)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close