Aku cinta Indonesia

Perta Daya Gas Mulai Alirkan Gas Perdana Ke PLTMG Sorong

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; PT Perta Daya Gas (PDG), anak usaha patungan PT Pertamina Gas dan PT Indonesia Power, telah berhasil melaksanakan commissioning (uji coba) pengaliran gas perdana ke PLTMG Sorong, Papua Barat (20/01/2021).

 

Pengaliran perdana ini dapat dilaksanakan melalui infrastruktur pipa gas sepanjang 3,7 km dari lokasi Metering & Regulating Station (MRS) milik PT Malamoi Olom Wobok (MOW) di area KEK Sorong hingga ke titik tie-in PLTMG Sorong.

 

PDG berhasil membangun infrastruktur pipa gas baru tersebut dalam waktu singkat yaitu enam minggu. Infrastruktur gas baru ini bagian dari proyek gasifikasi untuk PLTMG Sorong yang memiliki kapasitas 50 mega watt (MW).

 

Permintaan listrik di Sorong dan sekitarnya saat ini sebesar 48 MW yang bisa disuplai ke PLTMG Sorong, dengan kebutuhan gas mulai dari 3,2 BBTUD dan akan bertahap naik ke 8 BBTUD.

 

Dirut PT Perta Daya Gas Arief Wardono menyampaikan PDG telah menyelenggarakan seremonial soft launching proyek ini pada 24 Desember 2020 sebagai penanda telah rampungnya pembangunan pipa gas untuk pengaliran gas ke PLTMG Sorong.

 

“Proses selanjutnya setelah uji coba pengaliran gas perdana adalah tahap commissioning (uji coba) peralihan mesin pembangkit Unit 1 sampai dengan Unit 5 secara bertahap dari penggunaan BBM menjadi gas bumi,” ungkap Arief, seperti dikutip dari keterangan resmi perusahaan, Rabu (20/01/2021).

 

Menurutnya, PLTMG Sorong 50 MW merupakan proyek perdana dari tiga program ‘Quick Win‘ pemerintah yang berhasil diselesaikan pada tahun lalu. Infrastruktur ini juga pioneer di bidang gasifikasi pembangkit listrik di Indonesia.

 

Pembangunan infrastruktur gas untuk PLTMG Sorong adalah penugasan dari PT PGN Tbk selaku Sub Holding Gas sesuai yang diamanatkan oleh Kepmen ESDM No.13 Tahun 2020 dalam pemanfaatan gas bumi sebagai pengganti High Speed Diesel (HSD) di 52 Pembangkit yang tersebar di seluruh Indonesia.

 

Dengan terjaminnya pasokan gas sebagai energi untuk PLTMG Sorong ini, maka pihaknya berharap dapat menjadi kontribusi nyata dari Sub Holding Gas dalam mendukung program pemerintah yaitu penyediaan energi listrik bagi warga Papua Barat, khususnya kota Sorong.

 

(wia; Wilda Asmarini; Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/news/20210120200438-4-217564/perta-daya-gas-mulai-alirkan-gas-perdana-ke-pltmg-sorong)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close