Aku cinta Indonesia

Jadi Presidensi G20-Ini Tujuh Isu Utama Finance Track

(beritasatu.com)-JAKARTA; Indonesia pertama kali akan jadi tuan rumah atau Presidensi G20 di tahun 2022. Dalam G20 finance track, pembahasan difokuskan penanganan isu global terkini. Ada 7 agenda utama akan dibahas di finance track. Pertama terkait Negara-negara G20 berkoordinasi memulihkan ekonomi global.

“Temanya recover together, recover stronger. Agar pulih bersama dan lebih kuat, butuh koordinasi policy global. Yang paling sering akan dibahas kapan negara-negara di G20 semua melakukan kebijakan extraordinary di bidang fiskal dan moneter akan menetapkan kapan mulai exit policy, yaitu mengurangi intervensi kebijakan makro yang luar biasa secara bertahap dan terkoordinasi,” kata Menkeu Sri Mulyani dalam konferensi pers persiapan Presidensi G20, (14/9/2021).

Bahasan kedua terkait bagaimana melihat dampak Covid-19, dan mengenai productivity dan memulihkan ekonomi kembali. “Policy yang akan didesain, ini jadi topik kedua di bidang finance track,” ujarnya.

Topik ketiga berhubungan central bank digital currency. Keempat sustainable finance, terkait green finance facility, termasuk stimulus atau dukungan di bidang fiskal untuk menciptakan transformasi ekonomi menuju ekonomi yang hijau dan sustainable.

Topik kelima cross border payment. Keenam financial inclusion, antara lain pengembangan kredit UMKM, serta digitalisasi UKM. “Ini topik penting bagi Indonesia dan juga relevan dan akan menjadi prioritas pada pembahasan G20 finance track,” kata Sri Mulyani.

Topik ketujuh terkait kemajuan dan pelaksanaan persetujuan dan perkembangan international taxation, antara lain membahas tax insentif, tax and digitalization, praktik-praktik penghindaran pajak, dan tax transparency, tax and development, serta tax certainty.

Karena Indonesia melanjutkan Presidensi dari Italia, akan ada topik yang dulu dikawal Presidensi Italia. Yaitu dukungan global untuk negara yang paling terdampak pandemi Covid-19, investasi infrastruktur, agenda keuangan berkelanjutan, serta penguatan regulasi keuangan untuk pengembangan sistem keuangan digital.

(Herman Triyan Pangastuti; WBP; Bahan dari : BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/ekonomi/827779/indonesia-jadi-presidensi-g20-ini-tujuh-isu-utama-finance-track)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Back to top button
Close
Close