Aku cinta Indonesia

Nelayaan akan dipindahkan ke P. Seribu

JAKARTA, KOMPAS.com-Gubernur DKI Jakarta berencana memindahkan nelayan yang bermukim di pantai utara Jakarta ke Kepulauan Seribu. Sebab, kata dia, biota laut yang hidup di Kepulauan Seribu lebih sehat ketimbang yang hidup di Teluk Jakarta.

“Yang mau budidaya kerang hijau, kerapu, nanti kita siapin bibitnya. Jadi tidak perlu ada lagi orang yang makan kerang hijau di Muara Angke yang udah tercemar logam berat. Kerang hijau yang sudah tercemar ini yang bikin orang mati,” kata Ahok di Rusunawa Marunda, Jakarta Utara (17/1/2016).

Menurut Ahok, pemindahan nelayan ke Kep-Seribu nantinya dibarengi pembangunan rumah susun. “Kita siapin rusun. Bikin yang kayak model apartemen 16 lantai,” ujar Ahok. Selain penyediaan rumah susun, Ahok akan menyediakan layanan kapal gratis untuk para demi memudahkan mobilitas mereka. “Kalau sekarang kan biaya kapal mahal. Nanti kita sediain kapal gratis,” kata dia.

Ahok yakin nelayan setuju. Apalagi, nelayan nanti dapat persentase keuntungan besar hasil penjualan budidaya laut itu. “Pembagian hasil 20:80. 20 milik pemda, 80 milik nelayan. 20 itu susah termasuk biaya pakan, bibit, dan biaya hidup warga. Pemda siapkan semua,” ujarnya. (Alsadad Rudi; Ervan Hardoko; http://megapolitan.kompas.com/read/2016/01/17/15382861/Ahok.Berencana.Pindahkan.Nelayan.Pantura.Jakarta.ke.Pulau.Seribu)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close