Info Daerah n OpiniYAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Virtual Yoga (18-02-22021) Dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular

Terimakasih telah bergabung dlm kegiatan Senam Yoga Virtual, Semoga kita semua tetap sehat dan tetap semangat. Aamiin. Disamping Senam Virtual, ada 2 peserta yang melakukan Kegiatan OR Mandiri yang dilaksanakan Anggota KJS BLA Hari Kamis tgl.18-02-2021

Mungkin Anda masih ragu, tentang apa hubungan antara Senam Yoga dan pengaruh terhadap kesehatan. Untuk itu perkenankan saya cuplikkan topik tersebut dari sumber berikut :

(alodokter.com)- Yoga jadi salah satu OR yang diminati. Jika sebelumnya yoga sering dikenal sebagai OR meditasi, kini yoga dipercaya dapat membakar kalori hingga dianggap baik untuk mencegah penyakit jantung, nyeri sendi, dan melawan stres.

Yoga, OR tubuh-pikiran. Manfaatnya membantu tubuh jadi lebih segar-bugar, dan  bisa  mengendalikan stres dan mengurangi rasa mudah gelisah. Yoga ada bermacam jenis dan gerakan. Bagi yang baru mencoba yoga, mungkin Anda bingung memilih jenis yoga yang cocok (YFC Telkom telah memilihkan untuk kita). Salah satu jenis yoga untuk pemula adalah hatha yoga.

Semua jenis yoga pada dasarnya dapat membantu Anda menjadi lebih rilex, menghilangkan ketegangan tubuh, dan menenangkan pikiran. Guna mendapatkan hasil yang diinginkan, Anda harus memilih jenis yoga yang cocok dengan tujuan melakukan yoga serta preferensi pribadi Anda. Mungkin Anda bisa menjadikan yoga hatha, iyengar, dan kripalu sebagai permulaan, karena jenis yoga ini memiliki gerakan ringan.

Manfaat Yoga. (Berikut manfaat yoga.)

a-Mengurangi Stres

Hampir semua jenis OR membantu mencegah dan mengatasi depresi, juga yoga. Studi menunjukkan yoga bisa mengurangi gelisah, stres, serta memperbaiki mood dan kesejahteraan fisik-psikis seseorang. Manfaat yoga juga dapat dirasakan bagi yang ada gangguan cemas, skizofrenia, dan gangguan tidur. Yoga juga dapat membantu meredakan tantrum pada orang dewasa.

b-Meningkatkan kebugaran

Manfaat lainnya untuk tubuh, dapat membuat tubuh jadi lebih bugar, memperbaiki postur tubuh, serta menambah kekuatan tubuh, jangkauan gerak, dan kelenturan tubuh. Beberapa pose yoga bahkan ada yang dapat membantu menurunkan berat badan.

c-Membantu mengatasi masalah kesehatan

Jika berisiko penyakit kronis, (hipertensi-penyakit jantung), yoga jadi OR yang cocok. Yoga membantu menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan jantung, dan meningkatkan kualitas hidup keseluruhan. Kaitan manfaat yoga dengan kesehatan jantung harus diteliti lebih lanjut. Yoga juga dapat meringankan  nyeri, migrain, dan mengatasi insomnia.

d-Sakit punggung.

Bagi Anda yang sakit punggung, ada pose yoga yang bisa dimanfaatkan mengurangi nyeri. Jika Anda sakit punggung kronis sekalipun. Ini karena gerakan peregangan tubuh pada yoga membantu melenturkan tubuh.

e-Meringankan efek setelah mabuk

Mungkin tidak terpikirkan oleh Anda untuk melakukan yoga, setelah malamnya minum minuman beralkohol hingga mabuk. Tapi jangan salah, ternyata melakukan yoga dapat membantu meringankan efek pengar (hangover) pada pagi hari. Beberapa gerakan yoga, seperti ‘plow’, atau ‘shoulder stand’ dapat meningkatkan sistem metabolisme dan membantu menjaga keseimbangan tubuh.

f-Mengurangi masalah asma

Asmag kambuh sangat mengganggu dan menyiksa. Mengatasinya, cobalah ikut yoga rutin. Studi pada penderita asma ringan-sedang, menunjukkan gerakan yoga yang berhubungan pernapasan, seperti Pranayama, membantu meringankan asma. Tapi, manfaat yoga menangani asma dianggap tak signifikan secara klinis, jika dibanding efektivitas pengobatan asma konvensional.

g-Membakar lemak dalam tubuh

Manfaat utama yang dicari, terbakarnya lemak di tubuh. Untuk itu, lakukan yoga jenis ashtanga, power yoga, atau hot yoga, dikombinasi jalan kaki, lari (bagi yang mampu), atau Aerobika lain. Yoga juga bermanfaat meningkatkan peluang hamil.

Beberapa pose yoga meningkatkan peluang hamil misalnya, staff pose, malasana squat, dan goddess pose. Lakukan yoga rutin demi kesehatan jiwa-raga. Yoga berguna untuk ketenangan pikiran, dan membantu meningkatkan kesehatan serta kebugaran tubuh Anda. Anda tetap bingung? Sampaikan keluhan Anda langsung kepada pelatihnya mas Diki Akbari

Tidak ada salahnya saya sertakan bahwa diantara peserta yang mengikuti  Senam Yoga Virtual Bersama YFC Jabar adalah dari Klub KS Tegallega  adalah :

1-DJUHANA/500067.000

  1. ENTIN RUSTINI/640498.000
  2. FATCHUR ROHMAN/490197.000
  3. TATANG KARTIWA/490347.000
  4. SUMARISWATI/410559.100
  5. ENOK ROSDIANA/532182.100
  6. EDI SUPRIJADI/532182.000
  7. NURCAHYANI/631399.000

Sedangkan diluar kegiatan Zoom ini ada peserta yang melaksanakan OR MANDIRI :

  1. MEMET RS/470027.000 Jalan santai.
  2. SITI HARUTI/470027.100 Jalan satai.

(Disusun Bersama H. Djuhana; Artikel kesehatan tersebut Terakhir diperbarui: 28/10/2018 ; Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian;   Bahan dari  : https://www.alodokter.com/maksimalkan-manfaat-yoga-untuk-kesehatan-jiwa-dan-raga)-FatchurR *

Senam Virtual Yoga (18-02-22021) Dan Pencegahan Penyakit

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close