Kesehatan

Kemenkes Dan Yakes Telkom Jelaskan Pendaftaran Vaksin Covid-19 Lansia

(health.detik.com)-JAKARTA; Lansia salah satu kelompok sasaran Vaksin Covid-19 tahap-2 di Indonesia. Kemenkes menjelaskan ada 2 alur mekanisme pendaftaran dan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi lansia.

 

Jubir program vaksinasi dari Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi, menyebut alur pertama melakukan pendaftaran online. Para lansia di seluruh kota madya di DKI dan ibu kota 33 provinsi dapat mendaftar dengan mengisi form di situs resmi Kemenkes dan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

 

“Peserta dapat mendaftar dengan mengunjungi website Kemenkes yaitu www.kemkes.go.id dan website KPCPEN di covid19.go.id. Di kedua website itu tersedia link atau tautan yang bisa diklik sasaran lansia. Di dalamnya ada sejumlah pertanyaan yang harus diisi,” papar Nadia dalam konferensi pers daring pada (19/2/2021).

 

“Dalam mengisi data, sasaran vaksinasi lansia dapat minta bantuan anggota keluarga lain atau melalui kepala RT/RW setempa”. Data yang sudah diisi otomatis tersimpan di dinkes tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Para lansia akan diberi info terkait jadwal pelaksanaan vaksinasi oleh dinkes terkait.

 

Alur pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Lansia yang kedua melalui organisasi masyarakat atau institusi yang bekerja sama dengan Kemenkes RI. Organisasi untuk para pensiunan misalnya bisa mendata anggota lansia yang jadi sasaran lalu bekerja sama melakukan vaksinasi.

 

“Setelah mendaftar, organisasi atau institusi itu akan bekerja sama dengan dinkes provinsi dan kabupaten / kota menentukan pelaksanaan, termasuk waktu dari vaksinasi massal. Organisasi itu akan memberitahukan jadwal dan pelaksanaan vaksinasi massal kepada peserta yang sudah mendaftar,” pungkas Nadia.

 

Khusus untuk Pelanggan Yakes Telkom (PMP) di Bandung yang belum atau sudah mendaftar Vaksinasi Covid-19 silahkan mengisi form di Aplikasi Link untuk pendataan : https://vaksin.yakestelkom.or.id

Untuk pelaksanaannya, akan kami lakukan koordinasi dengan dinkes kota Bandung. Dilakukan secara berkala.

 

(fds/up; Firdaus Anwar;  Bahan dari  : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5386385/kemenkes-jelaskan-dua-alur-pendaftaran-vaksin-covid-19-lansia-di-ri)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close