Kesehatan

Mengisi TTS Bantu Cegah Demensia Alzheimer

(beritasatu.com)-JAKARTA; Demensia Alzheimer, sering disebut penyakit pikun jadi masalah kesehatan di dunia, termasuk Indonesia. Dari data yang dihimpun Alzheimer Indonesia, penyakit ini menyerang 50an juta orang di dunia dan 1,2 juta penderitanya berada di Indonesia.

 

Dokter spesialis syaraf dari RS Atma Jaya, Yuda Turana menjelaskan, demensia alzheimer umumnya menyerang Lamsia merupakan penurunan fungsi otak penyebab penderitanya terganggu ingatan, penilaian, dan sulit berpikir. Pada tingkat lanjut, penderitanya mengalami gangguan perilaku seperti berhalusinasi dan emosi yang tidak terkontrol.

 

Menurut Yuda, meski penurunan fungsi otak ini tidak bisa dihindari saat usia senja, namun risikonya dapat dikurangi melalui berbagai aktivitas yang merangsang otak. Contohnya bermain papan permainan atau TTS (teka teki silang).

 

“Untuk yang mendekati usia tua, intinya tetap aktif berkegiatan menstimulasi fungsi kognitif, melakukan latihan memori dan relaksasi. Bisa dengan mengisi TTS, merajut, menulis, menyanyi, pokoknya kegiatan yang disenangi. Sebab kalau tidak disenangi, nanti fungsi kognitifnya malah jelek,” kata Yuda Turana, di Universitas Atma Jaya, Jakarta, Sabtu (30/9).

 

Rutin berlatih fisik sangat dianjurkan Yuda. Hal sederhana yang bisa dilakukan seperti jalan kaki rutin di pagi hari. Selain itu, memperbanyak aktivitas sosial seperti mengunjungi saudara, bekerja sosial, atau beribadah juga dapat mencegah penurunan fungsi kognitif di usia tua.

 

Tidak hanya jelang usia lanjut, perilaku hidup sehat untuk mencegah demensia alzheimer juga harus dilakukan ketika masih muda. Sebab ada beberapa faktur risiko yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit ini, seperti diabetes, hipertensi, dan juga kolesterol tinggi.

 

“Untuk yang memiliki faktor risiko tersebut, apalagi kalau sudah sering lupa, sebaiknya lakukan pemeriksaan fungsi otak sedini mungkin. Ingat, jangan maklum dengan pikun,” tutur Yuda.

 

(Herman; JAS;  BeritaSatu.com dan Bahan dari  : https://www.beritasatu.com/nasional/455540/isi-tts-bisa-bantu-cegah-demensia-alzheimer)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close