Kesehatan

Agar Kolesterol Normal di hari2 banyak Kuliner berlemak

(health.rakyatku.com)-MAKASSAR-Dokter Spesialis Gizi dari Fakultas Kedokteran UMI, dr Asriani Safitri menjelaskan, Lebaran identik macam2 makanan : Ketupat, lontong, opor ayam, rendang atau gulai.

 

“Semua itu makanan berlemak dan bersantan sebab berasal dari lemak jenuh dan lemak trans yang jika dimakan berlebih dapat menaikkan kadar kolesterol”. Dia yang juga Dosen FK UMI menambahkan, lemak jenuh ditemukan pada mentega, keju, produk susu, santan, daging berlemak atau kulit ayam.

 

Lemak trans dapat di temukan pada margarin atau makanan yang di goreng. Kolesterol itu lemak yang terdapat di aliran darah / sel tubuh yang di butuhkan untuk pembentukan dinding sel atau bahan baku hormon2, tapi jika kadar kolesterol berlebihan dalam tubuh maka menimbulkan berbagai penyakit.

 

“Kolesterol normal di bawah 200 mg/dl, Jika lebih dari 240 mg/dl maka beresiko tinggi terkena penyakit jantung atau stroke,” ungkapnya kepada Rakyatku.com. Kolesterol secara alamiah bisa di bentuk oleh tubuh dan selebihnya dari makanan. Berikut cara menjaga kadar kolesterol tetap terkontrol :

 

1-Hindari konsumsi daging yang berlemak

2-Hindari konsumsi kulit ayam (misalnya sate ayam dsb)

3-Batasi makan udang, kepiting dan seafood lain.

4-Batasi makan bersantan, berminyak atau di goreng (sebaiknya di rebus, kukus, panggang/di bakar)

 

5-Batasi minuman bersoda atau minuman manis2 dan perbanyaklah minum air putih.

6-Batasi konsumsi kue-kue kering

7-Perbanyak makan yang tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran.

8-Konsumsi jenis lemak baik yaitu lemak tak jenuh rantai tunggal atau lemak tak jenuh rantai panjang. Seperti minyak jagung, minyak zaitun, minyak soya, kacang2an, dsb.

 

9-Tetap lakukan aktivitas fisik yaitu ber-OR rutin agar lemak dalam tubuh terbakar dengan ber-OR ringan seperti jogging 30 menit setiap hari. (Yuni Astika Datu; Mulyadi Abdillah; Bahan dari : http://health.rakyatku.com/read/105788/2018/06/18/agar-kolesterol-tetap-normal-di-hari-lebaran)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close