Aku cinta Indonesia

Online Single Submission akan diluncurkan

(merdeka.com)- Presiden JW mengatakan pemerintah akan segera meluncurkan sistem perizinan terpadu dalam jaringan atau online single submission untuk mempercepat dan mempermudah pemohon izin usaha. Demikian dikutip Antara di Denpasar (23/6).

 

“Kira2 minggu depan dibuka online single submission. Sudah tidak musim lagi mengurus SIUP atau TDP ber-minggu2 juga IMB ber-bulan2” kata Presiden ketika memberikan sosialisasi tarif pajak penghasilan final 0,5% UMKM di Denpasar.

 

Presiden menuturkan, dengan sistem dalam jaringan (daring) maka waktu atau kendala proses pengurusan izin dapat ditelusuri mulai dari pusat hingga pemprop, pemkab/pemkot. “Kita bisa telusur kalau di pusat di kementerian mana yang lama, provinsi dan kabupaten/kota di dinas yang lama, akan kena semua, bisa dilihat dengan sistem itu,” ucapnya.

 

Presiden kepada sekitar seribu pelaku usaha di Bali menambahkan sesuatu berkaitan perizinan harus direformasi total agar dunia usaha bisa bergerak cepat, fleksibel dan tidak tertinggal dengan negara lain. Meski demikian Presiden minta masyarakat (pelaku usaha) bersabar karena mengubah budaya kerja jadi lebih cepat butuh waktu yang tidak sedikit.

 

Presiden mengingatkan pelaku UMKM untuk menyadari perubahan teknologi yang  cepat seiring revolusi industri 4.0. Perubahan itu, mulai dari digitalisasi pemasaran dan perdagangan, dunia internet hingga sistem pembayaran yang tidak lagi mengandalkan uang tunai.

 

“Semua termasuk UMKM harus sadar ada perubahan cepat yang harus diikuti. Mau tidak mau, kalau tidak akan tertinggal,” ucapnya. Presiden di Bali mengikuti serangkaian kunjungan kerja 2 hari untuk memberikan sosialisasi penurunan tarif PPh final 0,5% UMKM, kuliah umum di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar dan melepas pawai Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 di Renon, Denpasar.

 

Dalam kunjungan itu beliau didampingi Ibu Negara Iriana, Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menkeu Sri Mulyani, Menkop dan UKM Anak Agung Gde Ngurah Puspayoga serta Sekab Pramono Anung.  (Anggun P Situmorang; Bahan dari :   https://www.merdeka.com/uang/presiden-jokowi-luncurkan-online-single-submission-minggu-depan.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close