Aku cinta Indonesia

Platform Karya Dan Riset Ilmiah Meraih Penghargaan IYBLA

(tekno.sindonews.com)-JAKARTA; Masa pandemic Virus Covid-19 baru tak menyurutkan perusahaan  terus mengembangkan inovasi melahirkan pemimpin hebat. Itu tampak dari kegiatan webinar sekaligus penyerahan penghargaan IYBLA 2021 melalui aplikasi Zoom.

 

Platform Science Hunter Indonesia tercatat sebagai perusahaan yang melahirkan pemimpin muda. Peran generasi muda di berbagai bidang makin signifikan, juga di sektor bisnis. Perusahaan perlu talenta dan calon-calon pemimpin bisnis berkarier baik, kompeten, dan berjiwa kepemimpinan yang relevan dengan zaman supaya dapat berkembang  kokoh dan berkelanjutan.

Kiprah dan potensi kalangan muda perlu diperhatikan lebih besar. Memerhatikan hal itu, PT PLN berkolaborasi dengan Majalah SWA menyelenggarakan Indonesia Young Business Leaders Award (IYBLA) 2021 bertema ‘Next Generation Leaders for a Great Future Business’. Acara online itu untuk memacu munculnya pemimpin muda potensial dan mendorong kesiapan mereka dalam talent pool bisnis nasional, memberikan apresiasi kepada para kader muda yang potensial dan berprestasi

 

Disamping itu mereka perlu memperoleh pembelajaran dari proses pengembangan pemimpin bisnis muda berprestasi, mendorong kalangan perusahaan untuk menjalankan program Young Leader Development secara sistematis dan berkesinambungan.

Tahapan kompetisi terdiri dari rekrutmen peserta, seleksi tertulis, penjurian online, diakhiri penentuan pemenang oleh dewan juri yang beranggota praktisi dan akademisi. Peserta terbagi dua kategori: Kategori Pemimpin Fungsi dan Kategori Pemimpin Unit Bisnis.

 

Kategori Pemimpin Fungsi, pesertanya profesional muda di level manajer atau senior manajer usia maks (35). Untuk kategori Pemimpin Unit, berada di level BoD (Board of Director) dan CEO perusahaan dengan usia maks (40). Materi yang dinilai terdiri dari Otentisitas, Proses, Visi dan Inovasi, Creating Next Leaders, Performa dan Pencapaian, serta Kemampuan Komunikasi dan Persuasi.

Peraih penghargaan IYBLA 2021 di antaranya, Kategori Pemimpin Fungsi: A Wahid Wijaya (AVP Culture Transformation PT BRI), Vina Febria Widhiastuti (Manager Sales Monitoring dan Support  Pertamina), Muthia Rizka Neldy (Budget and Performance Manager-Refining and Petrochemical PT Pertamina).

Sedang Kategori Pemimpin Unit Bisnis di antarabta, Reza Aulia Akbar (Founder dan CEO Science Hunter Indonesia & Komisaris PT Riset Prestasi Indonesia) dan Eva Bachtiar (Founder & CEO Garda Pangan).

 

Acara webinar dibagi 2 sesi yakni “Leadership Development Journey: on Becoming Great Leader” dan “Leading Change in the Digital Era” yang dipaparkan perwakilan peraih IYBLA 2021 dan pembicara tamu.

 

Zulkifli Zaini, Dirut PLN, di pembukaan acara menyatakan, kemampuan perusahaan menyesuaikan lingkungan bisnis yang berubah itu penting agar bisa bertahan. Maka butuh, transformasi, pendefinisian budaya kerja dan leadership. “Kemampuan pemimpin dalam 3 hal pokok harus dimiliki. Pemimpin baik mampu menggerakkan hati, pikiran, dan tangan semua orang di organisasinya,” kata Zulkifli.

Abd Wahid W, AVP Culture Transformation Bank BRI, dalam paparannya antara lain, cara mengasah soft skill leader melalui experience & Coaching, dan Hard skill leader melalui Mentoring & Training.

Reza Aulia Akbar, berbagi mengenai perjalanannya membangun Science Hunter Indonesia, platform belajar karya ilmiah dan riset pertama di Indonesia yang berhasil menjaring lebih dari 25 ribu pengguna, 750 member Komunitas Peneliti SHI, membina 750 tim penelitian, mencetak 272 prestasi karya ilmiah, dan 40 mentor berprestasi.

Keduanya berpendapat senada, pemimpin yang berhasil itu yang mampu mencetak pemimpin baru yang berprestasi. “Prinsip keberhasilan memimpin sebuah tim itu menjadikan tim mampu mengalami promosi jabatan,” ujar Wahid.

“Keberhasilan mencetak seseorang berkarya dan berprestasi, lebih bermakna dan membanggakan melebihi kebanggaan prestasi diri sendiri,” ujar Reza.

 

Sedangkan, Menteri BUMN Erick Thohir secara virtual, mengemukakan, generasi muda itu penggerak, sebagai konsumen dan SDM di perusahaan. Sehingga perlu pemimpin muda atau representasi generasi muda dalam merancang produk dan solusi, serta dalam menentukan kebijakan perusahaan.

 

Dia berpesan, selain kemampuan teknis dan leadership, generasi pemimpin baru harus memiliki karakter dan nilai luhur kuat dan mampu menggerakkan perubahan untuk kemajuan tidak hanya bagi usahanya tapi juga bagi Indonesia.

Kemal E Gani, Group Chief Editor SWA Media, menambahkan, pihaknya mendukung ikhtiar lahirnya pemimpin bisnis muda handal karena hal ini salah satu program prioritas di SWA Media.

 

(iqb; Muh Iqbal Marsyaf; Bahan dari : https://tekno.sindonews.com/read/342606/207/platform-karya-dan-riset-ilmiah-raih-penghargaan-iybla-2021-1613955766)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close