Islam

Keutamaan Ramadhan Maksimalkan Beribadah Dan Beramal Saleh

(muslim.okezone.com)-JAKARTA; Ada 4 keutamaan bulan Ramadhan  yang tidak didapatkan di bulan lainnya. Maka dari itu manfaatkanlah bulan Ramadhan dengan banyak beramal saleh dan kebaikan. Ustaz Muhammad Abduh Tuasikal dalam bukunya

“Ringkasan Panduan Ramadhan, Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah” dikutip pada Selasa (23/2/2021) menyebutkan ada beberapa keutamaan bulan Ramadhan yakni;

1-Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an Allah Ta’ala berfirman: “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.” (QS. Al Baqarah: 185)

2-Setan-setan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka ketika Ramadhan tiba Rasul SAW bersabda: ”Bila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu.” (HR. Bukhari)

3-Terdapat Malam yang Penuh Kemuliaan dan Keberkahan.

Allah Ta’ala berfirman:  ”Kami turunkan (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.” (QS. Al Qadr: 1-3)

Dan Allah Ta’ala juga berfirman: ”Kami menurunkan pada suatu malam yang diberkahi dan Kami-lah yang memberi peringatan.” (QS. Ad Dukhan: 3). Yang dimaksud malam yang diberkahi di sini adalah malam lailatul qadr (Tafsir Ath Thobari, 21/6.)

4-Bulan Ramadhan adalah salah aatu waktu dikabulkannya doa

Rasul SAW bersabda: ”Allah membebaskan orang orang dari api neraka pada tiap hari di bulan Ramadhan, dan tiap muslim bila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (18 HR. Al Bazaar, dari Jabir bin ‘Abdillah. Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid (10: 149) mengatakan perawinya tsiqoh (terpercaya). Lihat Jaami’ul Ahadits, 9: 224.

Nabi SAW bersabda: “Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi” (HR. At Tirmidzi no. 3598)

An Nawawi RA menjelaskan, “Hadis ini menunjukkan disunnahkan bagi orang yang berpuasa untuk berdo’a dari awal ia berpuasa hingga akhir karena ia dinamakan orang yang berpuasa ketika itu.” (Al Majmu’, 6: 375).

(Vitri; Vitriana Hilda Siregar;  Bahan  dari :  https://muslim.okezone.com/read/2021/02/22/330/2366271/4-keutamaan-bulan-ramadhan-maksimalkan-untuk-beribadah-dan-beramal-saleh)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close