Info Daerah n OpiniIslam

Puasa untuk meningkatkan Iman dan Taqwa

SERI Ramadhan Berkah bersama P2Tel Tangerang Selatan

Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan

Kembali P2Tel Tangerang Selatan membuat terobosan program  balancing of life dengan membuat program aksi menjelang dan menyambut Ramadhan 1442H yang diberi titel KISPA alias Kajian Intensif Selasa PAgi. Sesuai dengan nama programnya acara ini digelar sepekan sekali.

Dimulai menjelang Ramadhan 1442H untuk mempersiapkan bekal diri lahir dan batin serta rasa kegembiraan menyambut datangnya Ramadhan 1442H. Karena Ramadhan adalah karunia yang besar yang diberikan Allah kepada orang-orang beriman.

Siapapun yang berada di dalamnya namun tidak memanfaatkan secara optimal, maka niscaya ia akan merugi. Merugi karena belum tentu ia akan bertemu kembali dengan Ramadhan tahun depan dan telah menyia-nyiakan kesempatan untuk memperoleh takwa.

Takwa adalah modal utama bagi kita untuk mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Allah berfirman dalam surat Al Baqara ayat 183 yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa”.

Program aksi KISPA ini didesain dari, oleh dan untuk kita keluarga besar P2Tel Tangerang Selatan dan sekitarnya secara online. Lingkup dan sekitarnya tidak hanya di wilayah Tangerang Selatan saja namun menjangkau P2Tel se Indonesia sehingga tidak heran bila ada peserta atau jamaahnya berasal dari Aceh, Jember dan kota lainnya.

Mereka antusias antara lain untuk menimba wawasan di majlis ilmu ini, juga melepas kerinduan turut merajut silaturahim kembali meski secara virtual sesama peserta yang pernah saling mengenalnya ketika masih aktif dulu.

Pak Aye selaku KPC P2Tel Tangerang Selatan menyambut baik dan mendukung acara yang bermuatan keshalehan spiritual ini apalagi diselenggarakan di Ramadhan 1442H bulan yang penuh dengan keberkahan dan Allah lipatgandakan pahalanya ketika kita menjalankan ibadah dan amaliyah di Ramadhan.

Marilah kita ajak rekan-rekan P2Tel lainnya sehingga semakin lebih banyak lagi jamaahnya semakin banyak lagi manfaat yang ditebarkannya.

Dalam kesempatan yang berharga ini juga disampaikan informasi kekinian antara lain adanya bantuan untuk PMP Dhuafa dari Majlis Ta’lim Telkom Group di awal Ramadhan 1442H dan rencana memberikan bantuan PMP Dhuafa secara mandiri menjelang lebaran dengan meluruskan niat secara tulus dan ikhlas untuk membantu bagi saudara kita yang lebih membutuhkan.

KISPA perdana digelar pada Selasa pagi, 6 April 2021 dengan  menghadirkan nara sumber Ustadz Syarif Radin, LC sebagai pendakwah dan juga praktisi pendidikan santri YatimKu dan pesantren Sulaimaniyah yang memiliki networking internasional yang berpusat di negara Turki. Tema yang diambil “Bekal menyambut datangnya Ramadhan 1442H”.

Dalam menyambut tamu Ramadhan dengan melakukan hablum minallah (berdoa, berpuasa dan taubat), hablum minnas, ilmu Ramadhan dan bersama Al Quran. Amalan selama bulan Ramadhan antara lain : berpuasa, shlat Taraweh, membaca AL Quran, memperbanyak dzikir, memperbanyak sedekah dan membayar zakat fitrah.

Adapun yang menjadi keutamaan Ramadhan adalah bulan yang istimewa, diampuni dosa, pahala yang dilipatkan, perisai dari api neraka, pintu khusus di syurga dan keluar seperti bayi dilahirkan oleh ibunya. Akhirnya tujuan berpuasa adalah menjadi manusia yang bertaqwa.

Setelah persiapan demi persiapan dilakukan maka tibalah Ramadhan 1442 H di Selasa, 13 April 2021 dan pada saat yang sama P2Tel Tangerang Selatan menggelar KISPA ke 2 dengan menghadirkan nara sumber Ustadzah Dr. Fatmawati, MA

Beliau banyak berpengalaman dalam dunia syiar dan dakwah di media elektronik televisi, majlis taklim muslimah, dunia profesi sebagai pengajar ilmu dakwah dan komunikasi di UIN Syarif Hidayatullah serta organisasi sosial kemasyarakatan lainnya. Penyajiannyapun  semakin menarik karena materinya langsung membahas puasa untuk meningkatkan iman dan taqwa.

Bagi seorang muslim, ketaqwaan menjadi sesuatu yang sangat penting, karena taqwa menjadi ukuran kehormatan seseorang di hadapan Allah. Sebagaimana firman Allah  Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah SWT ialah orang yang paling taqwa diantarakamu. Sesungguhnya Allah SWT Maha mengetahui lagi Maha Mengenal” (QS al-Hujurat: 13).

Hubungan Iman dan Taqwa dapat dijelaskan bahwa ketaqwaan yang dinyatakan dalam bentuk amal perbuatan jasmaniah yang dapat disaksikan secara lahiriah merupakan perwujudan keimanan seseorang kepada Allah SWT. Iman yang terdapat di dalam dada diwujudkan dalam bentuk amal perbuatan jasmaniah. Oleh sebab itu, kata taqwa di dalam Al-Qur’an sering dihubungkan dengan kata iman.

Diibaratkan jika puasa adalah saat dimana seseorang melakukan proses perubahan seperti kepompong menjadi kupu-kupu. Untuk menjadi seekor kupu-kupu yang cantik, kepompong harus melakukan tirakat atau puasa dalam jangka waktu tertentu.

Adapun hubungan iman, puasa dan taqwa dapat diilustrasikan setelah proses tersebut dilalui, maka kepompong akan bermetamorfosis menjadi kupu kupu. Begitu juga orang orang yang yakin atau beriman akan kebenaran firman Allah tentang puasa pada QS Al Baqarah 183.

Di akhir ayat tersebut Allah berfirman bahwa tujuan akhir dari proses menahan diri dari yang membatalkan puasa adalah predikat taqwa. Ketaqwaan inilah yang diibaratkan kupu-kupu. Orang yang bertaqwa akan senantiasa menjalan perintah perintah Allah dan menjauhi laranganNya.

Suradi selaku moderator dalam acara KISPA ini  menyampaikan kesimpulan sebagai berikut Puasa dapat meningkatkan Iman dan Taqwa, apabila kita mampu mengendalikan hawa nafsu yang menguji keimanan.

Mari tanamkan dalam jiwa untuk tidak hanyut mengikuti perilaku negatif.  Teguhkan diri untuk terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT melalui rangkaian Ibadah Puasa kita. Pemikiran “Untuk apa bersusah payah menahan lapar dan dahaga” harus dijauhkan dari pikiran kita. Sekaligus tanamkan dalam diri untuk terus meningkatkan kualitas Ibadah puasa kita.

Semoga puasa kita akan menjadi wahana untuk meningkatkan kualitas Iman kita dan pada akhirnya nanti predikat taqwa akan dapat kita raih sebagai modal kita menghadap Nya. Mari kita saling mendoakan semoga segala aktivitas  yang kita lakukan selama ini menebarkan manfaat bagi sesama terutama bagi yang lebih membutuhkan  dan bernilai ibadah.

Mari di sisa usia kita ini menjadikannya ladang bertambahnya amal kebaikan dan menebarkan manfaat baik bagi diri, keluarga, masyarakat dan bangsa Indonesia.

Program KISPA telah dijadwalkan, marilah kita makmurkan, dengan suasana kebersamaan, berjamaah dengan teman-teman, keluarga dan handai taulan, infaq dan shodaqoh jangan dilupakan, meski sedikit dilakukan secara berkelanjutan, di Ramadhan yang penuh keberkahan, jangan sampe menyesal kemudian, Ramadhan berlalu tanpa kesan dan pesan.

Di penghujung tulisan ini akhirnya disajikan pantun sebagai pesan moral.  Bunga melati sungguhlah indah, tumbuh di taman jadi hiasan. Bulan Ramadhan tercium sudah, yuk tingkatkan taqwa dan iman.

(Kontributor : Suradi-P2Tel Tangerang Selatan )-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close