Iptek dan Lingk. Hidup

Suhu Petir 6x Panas Permukaan Matahari-Di Depok Kekuatannya Menakutkan

(sains.sindonews.com)-DEPOK; Pantas saja lagit Kota Depok sering menyajikan petir dengan suara dan kilatan besar beberapaa waktu lalu. Ternyata kota ini punya kekuatan petir terganas di dunia. Berdasarkan penelitian dari ITB, Cinere dan Sawangan jadi wilayah paling rawan.

Merangkum dari berbagai sumber, penelitian pada 2002 oleh Prof Reynaldo Zoro dari ITB menyebutkan, Kota Depok memiliki arus petir negatif berkekuatan 379,2 Kilo Ampere (KA) dan petir positif 441,1 KA

Kekuatan petir itu berdampak besar, yakni gedung yang terbuat dari beton bisa hancur dibuatnya. Penyebab kekuatan petir di Depok lantaran wilayah ini dipengaruhi angin lembab dan angin gunung dari Bukti Barisan. Juga angin darat dari angin laut kepulauan Riau dan Selat Malaka.

Penelitian juga mengungkap kandungan besi tanah di Kota Depok ini sangat tinggi yang menyebabkan sambaran negatif lebih tinggi daripada sambaran positif.

Tidak semua sambaran petir sama

Laman clickorlando.com menyebutkan, petir terjadi ketika muatan positif yang kuat terbentuk di dalam awan dan muatan negatif yang kuat berkembang di tempat lain, berupa awan lain, tanah, atau bahkan udara yang mengelilinginya.

1-Petir awan ke tanah

Ketika tanah bermuatan negatif kuat, pemimpin langkah (yang tak tampak mata manusia) bergerak zig-zag ke bawah dalam pola bercabang ke arah tanah. Kembalinya cahaya terang bergerak 60.000 mil/detik ke atas awan. Urutan ini cepat sehingga satu kilat tunggal dapat terdiri dari satu atau 20 pukulan balik. Jenis serangan ini paling berbahaya. Suhu petir 60.000®C, atau 6x lebih panas dari permukaan matahari.

2-Petir awan ke udara

Ini terjadi ketika udara di sekitar awan mempertahankan muatan negatif yang kuat. Jika diperhatikan  seksama, akan terlihat saluran yang membentang ke udara di sekitar badai tetapi cahaya tetap di langit.

3-Petir intra awan

Petir ini  tertanam di dalam awan. Biasanya tidak terlihat; sebaliknya, awan menyala selama kilat ada.

4-Petir awan ke awan

Ini  saat muatan kuat hadir dengan awan di dekatnya. Dari tanah, Anda melihat kilatan membentang dari satu awan ke awan lain. Tidak ada cara memprediksi versi petir mana yang terjadi selama badai. Itulah sebabnya ahli mengatakan orang harus selalu masuk ke ruangan saat guntur menggelegar. Jika petir terlihat, berarti Anda berada di area berisiko petir. Sambaran petir dapat melakukan perjalanan 10 mil

(iqb; Muh Iqbql Mursyaf; Bahan dari : https://sains.sindonews.com/read/348554/766/petir-punya-suhu-6x-panas-permukaan-matahari-di-depok-kekuatannya-bikin-takut-1614394972)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close