Islam

Ikhlas Kunci Sukses Berpuasa Ramadhan Di tengah Pandemi

(lifestyle.okezone.com)-UMAT Islam di dunia memasuki Ramadhan 1442H. Segala rutinitas beribadah dilakukan, yaitu puasa wajib hingga Sholat Tarawih. Dalam beraktivitas di bulan Ramadhan, “Ikhlas” jadi kunci suksesnya. Demikian diungkap psikolog Irma Gustiana.

“Ikhlas” itu singkatan dari 6 hal penting agar hidup seimbang, dari segi fisik dan mental, meski harus berpuasa di tengah pandemi covid-19 dua berturut-turut.  “‘I atau Isi waktu dengan hobi’. Contohnya banyak yang hobi bersepeda. Hobi/kegemaran itu bagus memecah perhatian kita dari hal negatif yang membuat energi kita terkuras,” ungkap Irma dalam webinar, (13/4/2021), dikutip dari Antara.

Sebulan Ramadhan, Anda bisa isi waktu luang atau waktu “ngabuburit” dengan kegiatan yang terlupakan, dan dapat dikerjakan lebih fokus. Kedua K atau ‘Kajian dan tadarus’. Ini dapat dilakukan untuk meningkatkan hubungan personal kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Selain kajian dan tadarus, Anda dapat sahur dan buka puasa daring untuk meningkatkan hubungan dengan teman atau keluarga.

 Ketiga H singkatan dari ‘Hayati dan menerima cobaan. Ini agar Anda paham proses tumbuh-kembang sebagai individu selama berpuasa di masa-masa sulit akibat pandemi. “Ke-4 L ; ‘Luangkan waktu menjaga kebugaran tubuh’. Itu untuk menaikkan imunitas, khususnya menjaga kesehatan. Di masa puasa ini Anda bisa ber-OR jelang sore/jelang berbuka,” jelas psikolog pendirikan Klinik Ruang Tumbuh ini.

A adalah ‘Abaikan berita negatif’. Cegah dampak buruk konten negatif. Jika Anda terima konten negatif, kadang fokus terbagi sehingga ibadah berakhir tidak maksimal. Terakhir S dari ‘Saling dukung, saling ingatkan, dan saling memberdayakan’. Menurut Irma, tips terakhir ini terpenting karena meningkatkan kebahagiaan di antara anggota keluarga selama beribadah Ramadhan di tengah pandemi.

“Dengan ketiga hal itu, akan meningkatkan resiliensi keluarga, dan itu dapat meningkatkan kebahagiaan antar-anggota keluarga dalam menjalani ibadah puasa,” tutupnya.

(han;  Bahan  dari : ANTARA dan https://lifestyle.okezone.com/read/2021/04/14/612/2394487/ikhlas-jadi-kunci-sukses-jalani-ramadhan-di-tengah-pandemi-covid-19)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close