Islam

Keutamaan Membaca Alquran

(republika.co.id)-JAKARTA; Dikutip dari buku Tajwid Lengkap Asy-Syafi’i karya Abu Ya’la Kurnaedi, membaca atau mendengarkan Alquran mengandung banyak kebaikan. Nabi pernah mendengarkan Alquran dari Ibnu Mas’ud dan Sahabat lain.

Tilawah atau baca Alquran lebih banyak pahalanya berdasar sabda beliau: “Siapa baca satu huruf dari Kitabullah maka dia dapat satu pahala, dan satu pahala dilipatgandakan jadi 10 pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf (Fatawa al-Lajnah ad-Daimah lil Buhuts al-Ilmiyyah awal Ifta). Membaca Alquran ada sejumlah keutamaan:

1-Perniagaan yang tidak pernah merugi

“Orang yang selalu baca Kitab Allah (Alquran); shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharap perdagangan yang tak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Allah Maha Pengampun, Maha Mensyukur” Alquran surat Al Fathur ayat 39-40.

Allah menjanjikan ke ahlul Quran (pembaca al-Qur’an yang mengamalkan) pahala besar, dan Dia tambah pada mereka karunia yang tidak diketahui besarnya kecuali oleh-Nya. Beruntunglah orang yang disifati sesuai ayat ini.

Terkait ini, Imam Qatadah ra berkata, “Mutharrif, jika baca ayat ini, berkata: ‘Ini ayat qari'”, tafsir Ibnu Katsir. Imam al-Qurthubi berkata tentang ayat itu: “Ini ayat para qari yang mengamalkan (isinya) dan memahaminya”, tafsir al-Qurthubi.

2-Memperoleh Pahala Yang Banyak

Ibnu Mas’ud Radhiyallahu Anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka baginya satu pahala, dan satu pahala itu dilipatgandakan menjadi sepuluh pahala. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf” hadits riwayat At-Tirmidzi.

3-Mendapatkan Syafaat Pada Hari Kiamat

Rasulullah SAW  “Bacalah Alquran, sesungguhnya ia di hari Kiamat akan datang memberi syafaat kepada pembacanya” hadits riwayat Muslim.

(Rep : Rossi Handayani/ Red: Esthi Maharani  Bahan  dari : https://republika.co.id/berita/qrdkf1335/keutamaan-membaca-alquran)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close