Islam

Allah SWT Tak Akan Menzalimi Hambanya

(republika.co.id)-JAKARTA; Allah SWT memiliki kuasa atas segalanya. Secara logika, kehendak Allah memungkinkan melakukan apapun termasuk kezaliman sekalipun. Namun mengapa Allah tak melakukan kezaliman?

 

Akar kezaliman biasanya itu kejahilan, takut, kebutuhan, kerakusan, dan lainnya. Tetapi Allah Tuhan Mahasegalanya. Untuk itu, Allah tak mungkin melakukan kezaliman kepada makhluk-makhluk-Nya.

 

Dalam Alquran surah an-Nisa ayat 40, Allah SWT berfirman:  “Innallaha la yazhlimu mitsqala dzarratin wa in taku hasanatan yudha’ifha wa yu’thi min ladunhu ajran azhiman.” 

 

Artinya: “Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah. Dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipatgandakannya dari sisiNya pahala yang besar”.

 

Dalam kitab “Tafsir Nurul Qur’an” karya Allamah Kamal Faqih Imani dijelaskan, ayat itu berbicara kepada orang-orang yang tidak beriman lagi kikir. Yang statusnya juga diisyaratkan dalam ayat ayat Alquran lainnya.

 

Dalam ayat ini, kalimat ‘ Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah’, berarti mustahil bagi Allah menzalimi seluruh makhluk ciptaannya. Kalaupun manusia diberikan musibah, hal itu bukan berarti Allah menzalimi manusia yang bersangkutan.

 

Kata zarrah dalam bahasa Aran berarti semut yang kecil. Tidak dapat dilihat dengan mudah. Mengingat kata mitsqal dalam bahasa Arab berarti bobot, maka frase yang digunakan Alquran dalam kalimat mitsqala dzarratin memiliki arti berat dari sebuah benda yang luar biasa kecilnya.

 

Allah, kata beliau, dalam ayat tersebut bukan hanya mengisyaratkan tak melakukan kezaliman, melainkan memberikan rahmat dan kasihnya. Allah akan melipatgandakan amal manusia walaupun amal itu hanyalah sebesar zarrah.

 

Di sisi lain, Allah juga memerintahkan manusia untuk berbuat adil dan melakukan kebaikan. Jadi bagaimana mungkin Allah sendiri merupakan zat yang zalim? Justru Allah merupakan zat yang pemurah, dan rahmatnya mengelilingi manusia dan makhluk lainnya.

 

(Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah  Bahan  dari : https://www.republika.co.id/berita/q4m2xi320/penjelasan-bahwa-allah-swt-tak-akan-menzalimi-hambanya )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close