Iptek dan Lingk. Hidup

Mimpi 7 Kota Silicon Indonesia(2/2)

(.cnnindonesia.com)-4- Silicon Valley di Yogyakarta

Pemda DIY dilaporkan menyiapkan 2 kawasan industri di Piyungan, Bantul dan Sentolo, Kab-Kulon Progo menyerupai ‘Silicon Valley di AS. Hal itu diungkap Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY Budi Wibowo (Februari 2018). Ada 2 kawasan industri itu disiapkan untuk mengiplementasikan program kemudahan langsung investasi atau KLIK.

Dikutip Antara, Budi menuturkan kawasan i itu akan jadi pusat industri kreatif seperti fesyen, kuliner, kerajinan, animasi dan gim dan bukan untuk manufaktur besar. Budi mengatakan akan ada 2 wilayah yang dijadikan kawasan industri yakni di Bantul dan Kulon Progo. Di Piyungan, Yogya lahan disiapkan memiliki luas 335 ha, sedangkan di sentolo luasnya 50 Ha.

-Silicon Valley

Pada Oktober 2019, Presiden Jokowi meluncurkan pusat pengembangan kreativitas dan pengembangan bisnis startup anak muda Papua, (Papuan Youth Creative Hub), di Jayapura. Disitu, akan dibangun pusat pengembangan kreativitas, bisnis, bakat dan inovasi (6.000 m2) terdiri dari ruangan untuk belajar : Bisnis, teknologi internet, dan pemrograman dan dasar pengembangan startup.

Ada asrama untuk 100 pemuda-pemudi yang akan mengikuti program belajar bisnis (1-2 bulan). Di tempat ada pelatihan pengembangan diri melengkapi keahlian berbisnis, seperti komunikasi, kepemimpinan dan dasar manajemen. Pusat pengembangan itu akan dijalankan 21 pemuda-pemudi asli Papua dari 7 wilayah adat, yang memiliki usaha, atau kegiatan sosial di bawah naungan PT Papua Muda Inspiratif.

 6- Rencana Silicon Valley di Ibu Kota baru (IKB)

Presiden Jokowi ingin IKB di Kaltim dibangun pusat inovasi, riset, dan teknologi kelas dunia seperti di Silicon Valley, AS. Rencananya dibangun klaster yang jadi pusat inovasi bergengsi di masyarakat di antara Kab-Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Dikutip CNBC, selain kluster riset dan teknologi, nantinya juga dibangung kluster lain seperti klaster pemerintahan, klaster pendidikan, dan kluster kesehatan.

7- Rencana Silicon Valley di Malang

Rencana Silicon Valley juga pernah diutarakan awal-2021 oleh Gubernur Jatim Khofifah IP.. Pemprov Jatim tengah membangun kawasan mirip Silicon Valley. Saat ini ada private sector di Jatim yang membangun KEK Singhasari di Kab-Malang. Ia berharap KEK ini mampu jadi katalis pertumbuhan perekonomian digital melalui pendekatan integrated digital ecosystem (ekosistem digital yang terintegrasi).

Menurutnya KEK Singhasari adalah KEK pertama di Indonesia yang mengintegrasikan potensi wisata budaya, ekonomi digital dan ekraf. Dikutip detik.com, Techno Park itu akan jadi inkubator bagi pelaku UMKM dan masyarakat memasarkan produknya melalui start up, hingga bisa bersaing di era industri 4.0.

7-Rencana Silicon Valley di Sukabumi

Pemerintah melalui perusahaan BUMN akan menggarrap mega proyek Bukit Algoritma di Cikidang dan Cibadak, Sukabumi, Jabar. Nantinya akan digunakan untuk pengembangan riset dan SDM berbasis 4.0. Harapannya, kawasan ini bisa meningkatkan pembangunan infrastruktur berkelanjutan. Kawasan ini akan dibangun dengan nilai investasi 1 miliar euro Eropa atau setara Rp18 triliun dalam 3 tahun.

Politisi PDIP dan pendiri Gerakan Inovator 4.0 Budiman Sudjatmiko menyatakan proyek itu akan berdiri di lahan 888 ha. Dana itu tidak dari APBN, tapi investor dalam dan luar negeri. Menurut Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang Kemenko Bidang Perekonomian Wahyu Utomo, sejauh ini belum ada usulan mengenai pembentukan KEK Bukit Algoritma.

(can/eks; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210413124029-185-629226/daftar-7-kota-mimpi-silicon-valley-di-indonesia)-FatchurR * Tamat……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close