Iptek dan Lingk. Hidup

Munculnya Jamur Di Kaca Mobil Dan Cara Membersihkan

(oto.detik.com)-JAKARTA; Kaca bersih memudahkan visibilitas pengemudi saat bawa kendaraan. Tapi masalah yang mengintai umumnya jamur  pada kaca mobil. Sebelum tahu  cara membersihkan kaca mobil  berjamur, kenali dulu penyebabnya. Seperti dikutip dari laman Auto2000, salah satunya air hujan.

 

Usai diguyur hujan, mobil tak langsung dibilas pakai air bersih. Ketika hujan reda, ada sisa air hujan yang menempel di kaca mobil, jika dibiarkan menimbulkan bercak dan jamur pada kaca mobil. Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, pemilik mobil harus rajin membersihkan dan membilas lagi kaca yang terkena air hujan. Basuh dengan air, dan lap sampai bersih dan kering.

 

“Caranya seperti itu dan mudah. Jika malas dan membiarkan kaca mobil kering sendiri, itu akan timbul jamur,” ujar Sapta di Jakarta. Jika kaca mobil  berjamur, cara paling mudah datang ke salon mobil. Tapi, bisakah jamur di kaca mobil dihilangkan pakai bahan sederhana? Dikutip dari berbagai sumber ada  cairan yang bisa digunakan, di antaranya;

 

Glass Cleaner

Seperti namanya, ini adalah produk yang ditujukan untuk membersihkan kaca. Produk ini cairan kental dan pekat yang dapat membersihkan sekaligus memberi hasil akhir berkilau. Glass Cleaner yang bagus dapat mengangkat minyak sekaligus jamur yang sudah mengakar di pori-pori kaca.

 

Pasta gigi dan alkohol

Pasta gigi dicampur dengan alkohol jadi ramuan alternatif pembersih jamur dari kaca mobil. Tapi perlu diingat, karena bukan produk khusus pembersih kaca hasil akhirnya tak begitu maksimal. Pasalnya ramuan ini memiliki tingkat penguapan tinggi dan cepat kering yang membuat proses membersihkan jadi lebih lama.

 

Gunakan alkohol 50-90% dengan pasta gigi non gel yang berwarna putih. Bila kaca mobil ada bercak water spot dan jamur, bisa langsung menggabungkan keduanya untuk bahan membersihkan noda. Pertama, bersihkan kaca dengan alkohol lalu  pakai pasta gigi di titik jamur yang sulit dibersihkan. Basahi kain lembut dengan alkohol dan gosokkan untuk membersihkan kaca mobil dari jamur.

 

Pastikan saat melakukannya, alkohol jangan sampai mengenai permukaan cat body mobil karena dapat merusaknya. Untuk jamur yang sulit dibersihkan, olesi bagian itu dengan pasta gigi secara merata dan tunggu hingga kering. Butiran lembut yang terkandung dalam pasta gigi bisa mengikis jamur yang membandel.

 

Setelah kering, bilas bekas odol tadi dengan air sembari digosok dengan kain lembut. Bilas  dengan air dan pastikan permukaan kaca yang bersih dari pasta gigi. Lanjutkan keringkan dengan lap microfiber agar tidak ada lagi sisa air yang menempel. Ini membuat jamur tak akan menempel di kaca mobil.

 

(riar/din; Ridwan Arifin;  Bahan dari : https://oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-5271817/penyebab-munculnya-jamur-di-kaca-mobil-dan-cara-membersihkannya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close