TELKOMGrup dan SEKAR

Anak Usaha Telkom Catat Kenaikan Laba 346 Persen

(beritasatu.com)-JAKARTA; PT Telekomunikasi Indonesia International (Telin), anak perusahaan Telkom mencatatkan kinerja yang solid di tahun 2020. Pendapatan usaha Telin Rp9,62 triliun, tumbuh 28% dari Rp7,51 triliun pada tahun 2019.

Peningkatan ini terutama didorong pertumbuhan pendapatan bisnis digital, jasa voice, serta jasa jaringan data. Telin membukukan pertumbuhan laba tahun berjalan melonjak 346% menjadi Rp834,44 miliar pada tahun 2020 dari Rp187,03 miliar pada tahun 2019.

“Kenaikan ini seiring tumbuhnya pendapatan Telin tahun 2020 dan merupakan capaian terbesar dalam perjalanan bisnis Telin,” kata CEO Telin, Sukardi Silalahi dalam keterangan resminya, (24/5/2021).

Sukardi menyampaikan, pertumbuhan pendapatan Telin diperoleh dari pertumbuhan net income yang signifikan dari bisnis digital retail, data center, enterprise, data digital connectivity, dan wholesale international digital business.

Pencapaian kinerja Telin dari bisnis internasional diantaranya layanan data center di Singapura dan Hong Kong, digital retail di HK, Taiwan, Malaysia, dan Timor Leste, serta data dari international digital connectivity yang berkembang pesat saat ini.

“Di tengah pandemi Covid-19, kami menangkap peluang tingginya demand penggunaan bandwidth dari AS, Eropa, Asia ke Indonesia dan sebaliknya yang di sebabkan meningkatnya pemanfaatan teknologi digital terkait Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB),” jelasnya.

Menurut Sukardi, kebijakan PSBB menjadikan aktivitas bekerja dan sekolah beralih ke rumah (work from home dan school from home) serta penggunaan e-commerce yang tinggi. “Kondisi ini membangun digital ekosistem yang langsung atau tidak sudah dan akan jadi kebiasaan digital lifestyle yang memengaruhi pola kehidupan interaksi antar manusia,” pungkasnya.

(Lona Olavia/FER; Bahan dari  : BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/ekonomi/778043/anak-usaha-telkom-catat-kenaikan-laba-346 )-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close