Kesehatan

Delapan Hal Terasa Jika Kurang Mengkonsumsi Sayuran

(merdeka.com)- Sayuran, salah satu makanan sehat yang penting bagi tubuh untuk berfungsi secara maksimal. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh ini sangat penting untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Sayangnya, banyak yang kurang mengonsumsi sayuran dalam kesehariannya. Ini berakibat masalah kesehatan yang tak terasa hingga serius. Kurangnya nutrisi penting pada tubuh berdampak berat. Terutama ketika Anda hanya mengonsumsi sayuran tertentu atau tidak mengonsumsinya sama sekali.

Perubahan yang muncul pada tubuh ini bisa terasa mengganggu dan berdampak pada kehidupan. Dilansir dari The Healthy, berikut sejumlah hal yang bakal dialami ketika kurang mengonsumsi sayuran.

1-Kurangnya variasi warna makanan

Sayuran yang beragam warna menghiasi piring dan memenuhi kandungan nutrisi bagi tubuh. “Walau mungkin makanan favorit, pasta, nasi, dan roti tidak menambah banyak warna pada makanan dan juga banyak nutrisi dalam bentuk vitamin dan mineral,” ungkap Abby Sauer, RD, MPH, pakar diet di Abbott.

2-Mudah lebam

Mengonsumsi vitamin C dalam jumlah sedikit bisa meningkatkan risiko mengalami lebam. Kandungan vit-C ini bisa ditemui pada sayuran seperti kale, cabai, sayuran berdaun, brokoli, dan tomat.

3-Lelah terus

Kekurangan folat bisa menyebabkan rasa lelah dan anemia. Kandungan ini bisa diperoleh dari sejumlah sayuran seperti sayuran berdaun gelap, polong-polongan, serta asparagus.

4-Mudah sakit

“Jika kurang makan sayur dan vitamin penting, tubuh mungkin kurang pertahanan yang untuk melepaskan radikal bebas melawan virus,” terang Sauer. “Selalu simpan sayuran berdaun gelap di dalam kulkas, sumber vit-C yang baik untuk mendorong sistem kekebalan tubuh dan mempersingkat waktu pemulihan,” sambungnya.

5-Mudah lupa

Kondisi lupa bisa terjadi di usia berapa pun. Namun menurun dan memudarnya ingatan bisa disebabkan juga karena kurang nutrisi. Hal ini terjadi jika kekurangan nutrisi lutein di tubuh. Kandungan ini bisa diperoleh dari sayuran hijau, wortel, brokoli, jagung, dan tomat.

6-Sulit Mengatasi stres

Walau stres itu hal yang tak dapat dihindari, namun makanan yang kita konsumsi mempengaruhi respons tubuh kita secara langsung. Kurang mengonsumsi sayuran bisa menyebabkan tubuh kurang kandungan anti peradangan yang mengatasi stres.

7-Rentan mengalami kram otot

Buah dan sayur mengandung potasium yang bisa mencegah kram otot terutama saat berolahraga atau pada saat panas. Mengonsumsi buah dan sayur secara cukup bisa mencegah masalah kesehatan ini.

8-Berat badan meningkat

“Buah dan sayur mengandung serat yang membuat kenyang sehingga makan lebih sedikit,” terang Emily Rubin, RD, pakar diet dari Thomas Jefferson University Hospitals. “Sebagian buah dan sayur mengandung rendah kalori,” sambungnya.

Hal hal ini bakal dialami ketika kurang mengonsumsi sayuran tiap hari. Pastikan  cukup mengonsumsi sayuran untuk mencegah masalah kesehatan ini.

(RWP; Rizky Wahyu Permana;  Bahan dari  : https://www.merdeka.com/sehat/8-hal-yang-bakal-kamu-rasakan-ketika-kurang-mengonsumsi-sayuran.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close