TELKOMGrup dan SEKAR

LinkAja Mengakuisisi iGrow

(indotelko.com)- JAKARTA (IndoTelko) -LinkAja kembali beraksi korporasi di kuartal ke-2 2021 dengan mengakuisisi perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending yang terdaftar di OJK bernama PT iGrow Resources Indonesia (iGrow).

Langkah ini untuk memperluas lini bisnis LinkAja ke pembiayaan online, terutama sektor produktif UMKM. Ini sejalan tujuan LinkAja mendorong inklusi keuangan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kemandirian ekonomi.

UMKM tulang punggung perputaran ekonomi. Menurut BPS, pelaku UMKM kini 64 juta dengan pertumbuhan 2,02% tiap tahun. Namun, ada kendala dialami UMKM, seperti kurangnya informasi dan akses pembiayaan pengembangan usaha. Ini jadi alasan pertumbuhan industri pembiayaan online. Berdasar data OJK per Desember 2020, total penyaluran pembiayaan online naik 26,5% dibanding 2019.

“Perluasan lini usaha di bidang pembiayaan itu langkah nyata LinkAja dalam memudahkan akses keuangan dan ekonomi, terutama ke masyarakat kelas menengah ke bawah serta UMKM. Diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan mereka melalui kemandirian ekonomi. Selain itu, dukungan pemegang saham LinkAja juga modal utama LinkAja untuk melayani pembiayaan yang aman, mudah, dan terpercaya.

Didukung jaringan ekosistem LinkAja yang kuat di luar pulau Jawa serta kota tier 2 dan 3, LinkAja berharap dapat memberi pemerataan akses pembiayaan pada pelaku UMKM yang terfokus di pulau Jawa dan kota tier 1,” kata Dirut LinkAja Haryati Lawidjaja.

Lini usaha pembiayaan ini diharapkan dapat berdampak besar bagi ketahanan dan kemajuan bisnis UMKM terutama di tengah pandemi. LinkAja yakin iGrow partner yang tepat karena memiliki visi dan misi serupa untuk meningkatkan kesejahteraan dan mendukung segmen menengah ke bawah terutama kelompok produktif.

“Kami senang berkolaborasi dengan LinkAja, penyedia jasa uang elektronik nasional yang punya kesamaan tujuan dengan iGrow, yaitu memperkuat perekonomian dengan mendukung pertumbuhan UMKM. LinkAja, perusahaan yang fundamental bisnisnya kuat dengan kolaborasi pemegang saham antara BUMN dan perusahaan teknologi besar”.

“Hal ini mempercepat visi dan misi iGrow memberikan impact ke UMKM dan menjadikan iGrow sebagai salah satu pemain utama di bidang pembiayaan sektor produktif,” jelas Direktur Pengembangan Bisnis PT iGrow Resource Indonesia (iGrow) Jim Oklahoma.

Hingga kini, LinkAja telah memberikan kemudahan lebih dari 68 juta pengguna terdaftar via ekosistem digital paling lengkap. Saat ini, LinkAja memiliki lebih dari satu juta merchant lokal, lebih dari 370 ribu merchant nasional, 230 moda transportasi, lebih dari 680 pasar tradisional, lebih dari 44 ribu mitra donasi digital, lebih dari enam ribu online marketplace.

LinkAja juga dapat melakukan transfer ke semua rekening bank, pembayaran berbagai kebutuhan sehari hari seperti pulsa, listrik, dll, iuran BPJS, hingga pembelian layanan keuangan seperti produk reksadana dan asuransi mikro.

LinkAja bisa digunakan di lebih dari satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.

(ak; Bahan dari  : https://www.indotelko.com/read/1619735347/linkaja-igrow)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close